Awal Mula Berdirinya Bonek Mania

Bonek diam menakutkan bergerak mematikan, merupakan slogan dari penggemar setia persebaya yaitu bonek mania, bonek sudah di kenal sejak 1990-an. Bonek yang notabene adalah singkatan dari bondo nekat atau suporter sepak bola yang tidak memiliki modal (bondho), namun mreka semua tidak surut tekat untuk memperjuangkan tim kesayangannya (persebaya surabaya).
Awal Mula Berdirinya Bonek Mania


Perilaku bonek yang menakutkan dan mematikan itu merupakan warisan turun temurun. Perilaku ini bermigrasi dari masyarakat yang hidup di pinggiran kali brantas yang menmentang antara KEDIRI sampai SURABAYA.

Dari bentangan kali brantas ini yang ekmudian di kenal dengan budaya Arek. Arek sebagai salah satu kekayaan sub kultur yang memiliki karakteristik keras khaS pesisir. Keras memiliki arti pantang menyerah, ngeyel, dan teguh mempertahankan keyakinan yang ia miliki.

Karena di hajar oleh kesusahan hidup yang tak kunjung usai maka terbentuklah watak yang keras kuat, tidak pantang menyerah dan loyal kepada tempat tinggalnya.Hingga pada akhirnya masuk invansi mataram pada tahun 1622-1625 yang membawa pengaruh pada masyarakat baik secara struktural, maupun secara kultural.

Sebelum dikenal sebagai bonek para pendukung persebaya ini lebih di kenal dengan sebutan green force persebaya. Pertama kalinya suporter bola ini mendukung timnya di senayan dengan menganakan kaos berwarna hijau dan bergambar (wong mangap) orang yang sedang berteriak dengan semangatnya seperti semangat suporter persebaya ini. Bonek menghijaukan lapangan senayan.


Awal Mula Berdirinya Bonek Mania

Logo wonk mangap pertama kali di ciptakan oleh Mister Muhtar seorang desainer grafis jawa pos. Logo yang sebelunya bercorak ekspresionis sekarang menjadi wonk mangap sampai sekarang. Bonek yang sampai sekarang terkenal keras dan tidak mau mengalah bonek yang suka membuat kerusuhan, padahal belum tentu bonek pelakunya, itu semua tercipta karena media massa yang menaruh berita tenteng kerusuhan bonek di kolom head line.

Sekarang bonek sudah mencoba lebih halus dan pro fair play dalam mendukung tim kesayangannya.. persebaya juaralah!!Persebaya yang sempat pecah menjadi 2 yaitu persebaya 1927 dan persebaya devisi utama membuat para bonek mania kecewa, bonek mania membuat gerakan pencerahan agar persebaya bersatu kembali menjadi persebaya yang utuh.

Hal ini ditandai semakin ramah dan sportifnya arek – arek bonek (bondho nekat) di manapun mereka berada. Walaupun pada saat persebaya bermain di kandang maupun tandang. Kerusuhan antar suporter tidak hanya bonek yang melakukan tapi banyak juga suporter lain yang bertindak anarkis.

Jadi para pembaca sekalian tolong hapuskan persepsi bahwa setiap ada kerusuhan pasti bonek yang melakukan, karena itu belum tentu benar.Sekian artikel Awal Mula Berdirinya Bonek Mania semoga para pembaca bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Terima kasih!!

silahkan baca juga artikel tentang Berdiri 3 supporter akbar persib bandung

0 Response to "Awal Mula Berdirinya Bonek Mania"

Posting Komentar