6 Tips Mengurangi Dampak Negatif Gadget

Inovasi teknologi semakin canggih setiap tahunnya. Kecanggihan ini tidak bisa dihindari dari anak- anak dan orang dewasa. kecanggihan gadget memang mendatangkan dampak positif dan dampak negatif. Manfaat kecanggihan gadget yaitu mendapat informasi dalam bentuk apapun, dimanapun, dan kapanpun. Sedangkan dampak negatifnya yaitu radiasi, gangguan mata, dan banyak konten terlarang. Memberikan anak gadget akan membuatnya kecanduan karena sifat anak yang ingin tahunya tinggi. 


Lalu bagaimana tips mengurangi dampak negatif gadget? Simak artikel berikut ini.

1.Berikan Batasan Bermain

Memberikan gadget pada anak wajar- wajar saja. Namun, bermain secara berlebihan akan membuatnya kecanduan. Untuk mengurangi dampak negatif gadget, berikan batasan waktu pada anak untuk bermain gadget, hanya satu sampai dua jam. Tarik kembali jika sudah tepat pada waktunya. Jangan sampai bermain gadget bisa mengganggu belajarnya.

2.Jangan Berikan pada Usia Dini

Jangan berikan gadget pada anak usia dini. Lebih baik berikan ketika anak sudah menginjak usia sekolah menengah. Berikan pemahaman tentang dampak negatif gadget. Dengan tidak memberi gadget usia dini, bisa mengurangi dampak negatif gadget.

3.Bermain dengan Anak

Disela- sela kesibukan kerja, berikan sedikit waktu untuk bermain bersama anak. Bermain bersama anak akan membuatnya lupa untuk bermain gadget. Hal ini bisa mengurangi dampak negatif gadget. Mainkan permainan yang ia sukai dan berikan penghargaan berupa ciuman jika ia menang dan pelukan jika ia kalah.

4.Teladan Orang Tua

Sebagai orang tua, berikan contoh yang baik untuk anak. Jangan sering memegang gadget di depan anak. Apabila anak terlalu sering memegang gadget, anak pasti akan berfikir dia mempunyai hak yang sama untuk berlama- lama bermain gadget.

5.Memberi Hadiah

Berikan hadiah sebagai penghargaan karena ia mengurangi bermain gadget. Misalnya membelikannya mobil- mobilan atau boneka yang disukai sebagai media untuk mengurangi dampak negatif gadget.

6.Edukasi

Jelaskan dengan lembut apa saja dampak negatif yang ditimbulkan jika terlalu banyak bermain gadget. Memberikan pemahaman dengan jelas dapat mengubah mindset anak untuk lebih menyalurkan ke hal- hal positif dari pada bermain gadget.

1 Response to "6 Tips Mengurangi Dampak Negatif Gadget"