Ajari 3M pada Anak Tepat Waktu!

Anak adalah titipan Tuhan yang sangat berharga. Setiap orang tua pasti ingin melihat tumbuh kembang anak dalam belajar. Usia emas pada anak adalah umur 3 tahun. Ketika 3 tahun inilah anak aktif- aktifnya dan otaknya sedang masa perkembangan. Banyak orang tua yang berambisi mencerdaskan putra- putrinya dengan memasukkan ke pendidikan anak usia dini (PAUD) atau playgroup. Tidak banyak dari mereka yang mengetahui sebenarnya tingkatan playgroup hanyalah masa bersenang- senang.


Sebagai orang tua, khususnya Bunda. Bunda bisa mengajarkan anak pada usia emasnya, karena dari segi psikologis anak lebih dekat dengan orang tuanya sehingga mereka lebih cepat mengerti emosi dan kata- kata yang diucapkan Bunda misalnya pembelajaran membaca, menulis, dan menghitung. Namun, banyak yang masih belum mengerti kapan waktu yang tepat untuk mengajari anak membaca, menulis, dan menghitung?

1.Membaca

Usia tepat dalam mengajari anak membaca yaitu usia 4 tahun keatas. Melatih membaca pada usia 7 tahun cenderung membebani anak dan beresiko besar buta huruf. Sebaliknya, pembelajaran dibawah 4 tahun sebenarnya juga baik dilakukan. Tetapi, tidak perlu mengajarkan sesuatu yang berat dulu. Orang tua boleh hanya sekedar mengenalkan bentuk huruf dan cara membaca per huruf.


Kegiatan mengenal huruf per huruf inilah selanjutnya Anda kembangkan menjadi rangkaian huruf. Jangan samakan kemampuan anak satu dengan yang lainnya. Sebagai orang tua, tentunya harus sabar dan sering melatih demi kelancaran membaca buah hati ya, Ayah dan Bunda. Benefit melatih mengenal huruf sejak dini yaitu anak tidak akan canggung nantinya ketika sudah menginjak Sekolah Dasar.

2.Menulis


Setelah anak mampu menguasai semua huruf, berikan pembelajaran menulis. Sama seperti membaca , usia ideal menulis yaitu 4 tahun. Pada rentang usia 4 – 6 tahun gerak motorik anak harus lebih sering  diasah. Langkah awal ajarkan bagaimana memegang pensil yang benar. Kedua, rutinilah setiap hari menulis huruf per huruf. Orang tua tak perlu terburu- buru berambisi agar cepat bisa menulis dengan rapi. Anda juga bisa melatihnya menggambar terlebih dahulu agar tangannya terbiasa. Puji setiap perkembangannya.

3.Menghitung


Membaca dan menulis buah hati Anda sudah cukup lancar? Kini ajarkan padanya bagaimana berhitung. Kenalkan padanya angka- angka kecil terlebih dahulu, dimulai dari 1-10. Kemudian jika anak sudah mulai hafal, berilah soal cerita yang sederhana dan menarik. Anda bisa mewujudkannya dalam bentuk buah- buahan.

Mengajarkan membaca, menulis, dan menghitung tepat waktu memang memiliki banyak benefit dan membentuk pribadi yang cerdas. Lakukan hal yang sama selama usia tumbuh kembangnya setiap hari. Anak- anak akan lebih cepat menyerap pelajaran apabila disertai gambar- gambar dan warna- warna yang menarik. Semoga buah hati Bunda dan Ayah cepat lancar membaca, menulis, dan berhitung ya!

1 Response to "Ajari 3M pada Anak Tepat Waktu!"