10 Cara Aman Saat Menggunakan Toilet Umum

Kegiatan sehari-hari mungkin newajibkan Anda menggunakan toilet umum, seperti toilet di kantor, di mall atau tempat umum lainnya. Meskipun tampak bersih, munculnya kuman yang menyebabkan timbulnya penyakit biasa ada pada toilet.  Berbagai macam kuman atau virus penyakit seperti salmonella, streptococcus, E.coli dan berbagai kuman lainnya bisa mengakibatkan sakit pada tenggorokan, pilek maupun gangguan pada pencernaan.


10 Cara Aman Saat Menggunakan Toilet Umum

Jalan Virus-virus tersebut masuk pada tubuh yaitu melalui kontak fisik yang Anda lakukan pada benda-benda sekitar. Seperti saat memencet flush pada kloset, keran, gagang pintu, atau pun benda-benda lain di sekitar yang Anda sentuh. Tidak masuk akal juga apabila menghindari toilet umum sebab tidak akan mungkin menahan keinginan pergi ke toilet, apabila dilakukan menahan keinginan untuk ke toilet akan meneyebakan saluran kemih maupun kencing manis.

Anda tidak perlu takut untuk menggunakan toilet sebab ada beberapa cara untuk melindungi diri dari virus yang ada dalam toilet umum, diantaranya :

1.Jangan meletakkan barang-barang pribadi, seperti tas, dompet, atau barang pribadi lainnya di toilet. Karena terdapat kuman-kuman yang berbahanya menempel pada benda-benda ditoilet.

2.Saat menggunakan kloset, flush terlebih dulu untuk mengeluarkan urine atau bakteri yang menempel pada sela toilet.

3.Apabila menggunakan kloset duduk, bersihkan terlebih dahulu dudukan toilet dengan tisu atau kain bersih.

4.Jika memiliki pelapis untuk kloset, Anda bisa gunakan pelapis tempat duduk kloset sebelum di duduki, atau bisa menggunakan tisu sebagai pelapis apabila tak meiliki pelapis duduk kloset

5.Jangan kontak fisik dengan kloset apabila dudukan kloset kotor atau basah, Anda bisa bertumpu pada penyangga sekitar saat menggunakannya, jangan pada posisi jongkok dengan kaki naik ke atas dudukan, karena selain berbahaya juga dapat menimbulkan kotor yang berlebih.

6.Sedapat mungkin, hindari menyentuh benda-benda yang ada disekitar toilet. Anda bisa menggunakan tisu ketika memencet flush di kloset atau saat membuka pintu.

7.Tutup kembali kloset setelah menggunakan kloset dengan tisu. Jika dalam keadaan terbuka, virus dalam kloset dapat melompat keluar dan masuk ke dalam tubuh. Bila tidak ada penutupnya, nindari kloset ketika melakukan flush.

8.Setelah menggunakan kloset, jangan lupa untuk cuci tangan dengan menggunakan hand wash. Cuci tangan yang benar yaitu selama 20-30 detik, yaitu telapak tangan, sela kuku, dan seluruh tangan. Jika disediakan di toilet, pakaialah air hangat yang untuk membunuh kuman dengan efektif.

9.Keringkan tangan dengan menggunakan tisu setelah selesai mencuci tangan.

10.Apabila Anda membawa antiseptic untuk tangan tanpa pembilas, Anda dapat menggunakan setelah cuci tangan dan saat setelah menggunakan toilet.

Yang paling penting agar terhindar dari penyakit yaitu dengan menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga sehingga virus jahat akan menghindari Anda Menggunakan toilet umum tidak perlu dikhawatirkan bila Anda tahu bagaimana cara aman saat menggunakannya.

0 Response to "10 Cara Aman Saat Menggunakan Toilet Umum"

Posting Komentar