8 cara atasi Anak Malas Makan

Asupan makanan sangat penting bagi anak- anak. Masa pertumbuhan yang sedang pesat- pesatnya membutuhkan energi yang banyak. Namun, terkadang anak sudah asyik dengan kegiatannya dan malas untuk makan. Malas makan ini menjadi hal yang dikhawatirkan orang tua. Gizi yang kurang pada anak akan mengurangi semangat dan kekebalan tubuh anak. 


Lalu bagaimana mengatasi anak malas makan? Simak artikel berikut ini:

1.Jangan Berlebihan

Jangan menyediakan porsi yang besar pada anak. Porsi besar hanya akan membuatnya muntah dan semakin malas makan.

2.Kreatif Menghias Makanan

Masaklah makanan kesukaan buah hati atau dengan menyajikan makanan dengan kreasi- kreasi tokoh animasi favorite anak. Bentuk- bentuk kreasi makanan seperti inilah akan meningkatkan nafsu makan anak, sehingga anak akan meninggalkan kebiasaan buruk malas makan.

3.Makan Sambil Menghibur

Ajak anak untuk makan bersama keluarga dengan diiringi candaan- candaan. Makan dengan suasana tegang hanya akan menurunkan nafsu makan anak.

4.Atur Jadwal Makan

Buatlah jadwal makan untuk anak. Terlalu lama menunda makan akan menimbulkan maag pada anak. Buatlah anak mengerti bagaimana efek yang ditimbulkan jika anak malas makan.

5.Jangan Dipaksa

Jika anak malas makan, jangan memaksanya untuk makan saat itu juga. Tundalah sekitar 10-15 menit kemudian, bicara dan bujuklah dengan kata- kata yang lembut.

6.Ajak Anak Memasak

Sesekali ajaklah anak untuk memasak bersama Bunda. Karena mengajak memasak akan meningkatkan nafsu makan dan lebih mendekatkan Bunda dengan buah hati. Berikanlah contoh dan penjelasan mana makanan sehat dan mana makanan tidak sehat. Pola hidup orang tua yang sehat akan ditiru pula oleh anak.

7.Batasi Minum pada Saat Makan

Air mineral memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, terlalu banyak mengonsumsi air mineral pada saat makan hanya akan membuat anak malas makan karena air membuat kenyang. Berikanlah anak sedikit saja air minum di sela- sela makannya.

8.Makan Setelah Mandi

Anak sangat suka apabila mandi air hangat. Air hangat dapat melancarkan peredaran darah pada anak dan mampu meningkatkan nafsu maknnya.

1 Response to "8 cara atasi Anak Malas Makan"