5 Tips Obati Memar Anak

Kegiatan anak yang aktif seringkali membuatnya mengalami benturan atau terjatuh. Luka benturan inilah yang akan berubah menjadi memar. Memang memar dapat hilang dengan jangka waktu 2-3 hari. Namun, bila memar ini terjadi pada anak pastinya mereka akan rewel. 


Simak tips dibawah ini cara obati memar anak: 

1.Kompres dengan Es Batu

Mengompres dengan es batu menjadi alternatif utama obati memar anak. Pembuluh darah akibat benturan tadi akan mengecil karena reaksi es batu. Lakukan sekitar 15- 20 menit.

2.Kompres dengan Air Hangat

Setelah melakukan pengompresan dengan es batu, langkah selanjutnya yaitu merutini kompres air hangat. Air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghindari pembekuan di dalamnya. Masukkan handuk ke dalam air hangat lalu tempelkan ke bagian yang memar.

3.Gunakan Perban Elastis

Batasi pelebaran luka memar dengan cara memberikan perban di bagian memar.

4.Obati dengan Herbal Alami

Anda dapat menggunakan bahan- bahan alami untuk mengatasi memar:

Buah- buahan
Obati memar anak dengan mengonsumsi buah- buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, semangka, lemon, dan lain- lain. Vitamin C memiliki kandungan memperkuat pembuluh darah.

Sirih
Tumbuk halus daun sirih dan tempelkan ke luka memar. Daun sirih ini akan mengurangi nyeri pada luka memar.

Daun Dewa
Sama seperti kandungan daun sirih, daun dewa dapat obati memar anak. Caranya pun juga mudah. Anda cukup menumbuk dan menempelkan pada luka memar.

Daun Kumis Kucing
Daun kumis kucing memiliki khasiat melancarkan pembuluh darah. Caranya dengan membersihkan beberapa helai daun kumis kucing, kemudian tempel diatas bekas memar.

5.Angkat Bagian Memar Lebih Tinggi dari Jantung

Baringkan anak anda ke tempat yang datar dengan posisi yang terkena benturan lebih tinggi dari pada kepala. Cara ini akan mencegah aliran darah dari jantung ke bagian memar supaya pembuluh darah tidak menggumpal.

Jangan lupa untuk memeriksakan ke dokter bila memar semakin hari semakin parah. Hal ini untuk mengetahui apakah terjadi patah tulang atau tidak.

1 Response to "5 Tips Obati Memar Anak"