11 Tips Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja

Dalam memilih pakaian, pemilihan pakaian ketika  interview kerja yang baik sangat penting untuk menunjang seseorang lebih tertarik dan terlihat rapi. Pakaian untuk interview umumnya  cenderung formal dan berkelas sehingga bisa mewakili diri kita bahwa kita pantas dan layak untuk dipertimbangkan masuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan yang kita tuju. Sangat penting mengetahui cara berpakaian yang tepat dan apik agar menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk Anda layak atau tidaknya diterima bekerja. 

11 Tips Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja

Anda membutuhkan pakaian yang tidak hanya sekedar bagus dan membuat nyaman untuk dikenakan, tetapi anda membutuhkan penampilan yang membuat diri anda pantas untuk bekerja di perusahaan tersebut. 
Secara umum, pria yang mengenakan jas dan dasi akan membuat kesan yang jauh lebih rapi daripada pria yang mengenakan jins berantakan dan kaos biasa.  Sama halnya dengan wanita, wanita yang mengenakan kemeja dan rok akan terlihat rapi, bersih dan berwibawa dibanding dengan wanita yang mengenakan celana panjang dan kaos biasa. 


11 Tips Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja


Berikut adalah etika cara berpakaian yang bebar ketika interview kerja.

Cara berpakaian bagi wanita untuk menghadapi interview kerja

1.Rok wanita atau celana wanita, warna abu-abu, hitam atau gelap

2.Rok setelan kenakan yang cukup panjang sehingga Anda bisat duduk dengan nyaman tanpa terganggu dengan posisi duduk Anda

3.Kemeja terkoordinasi

4.Sepatu konservatif

5.Gunakan perhiasan sewajarnya, tak perlu mengenakan anting yang panjang dan kalung - kalung panjang.

6.Rambut Ditata dan disisir rapi, tak perlu ditata berlebihan

7.Bagi yang berhijab, disarankan apabila menggunakan pakaian hijab sebaiknya tidak berlebihan (besar dan terlalu banyak pernak-pernik)

8.Menggunakan make up yang natural (tidak berlebihan) dan parfum secukupnya (tidak terlalu menusuk wanginya)

10.Kuku bersih rapi dan terawat

11.Portofolio atau tas yang bisa memuat keperluan Anda

Pada dasarnya pakaian untuk interview kerja dituntut untuk berpakaian dengan rapi dan sopan. Apabila dalam berpenampilan Anda terlihat kotor dan tubuh tidak terawat itu hanya akan membuat presentase diterimanya Anda pada perusahaan yang Anda inginkan akan memberikan peluang yang amat kecil. Cara tepat dalam berpakaian sangat diperlukan agar interview bisa berjalan dengan sukses tanpa melalui banyak kendala.

Dalam wawancara kerja, aspek berpakaian dinilai sebagai salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, hal ini dikarenakan cara berpakaian seseorang mampu menunjukkan karakter orang tersebut. Secara tidak langsung para penyelenggara interview akan menilai kita berdasarkan dengan apa yang mereka lihat, dan mereka akan mengetahui kepribadian kita yang sesungguhnya, sehingga berpakaian yang baik sangat penting.

Tidak hanya persiapan dalam berpakaian saja yang penting, tetapi Anda juga harus mempersiapkan mental Anda dalam sesi wawancara nanti.Persiapkan diri anda minimal satu jam sebelum interview agar tidak terburu-buru dan jangan lupa bahwa kemampuan anda menjawab pertanyaan juga penting jadi jangan terfokus pada pakaian saja. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "11 Tips Berpakaian yang Baik Saat Wawancara Kerja"

Posting Komentar