Bikin roti maryam sendiri yuk di rumah

Roti maryam adalah makanan khas dari Timur tengah yang legit dan mempunyai tekstur yang berlapis-lapis. Sebutan untuk roti maryam sendiri pun beragam dan berbeda pada setiap daerah bahkan Negara. Ada yang menyebutnya roti canai ,roti pratha dan roti maryam. Di indonesia khususnya wilayah Aceh roti manis ini biasanya disajikan saat perayaan hari Idul Adha. Sebagian dari masyarakat Aceh menggunakan kuah kari kambing yang kental untuk disantap bersama roti maryam. Jaman dahulu roti maryam hanya dibuat oleh orang-orang tertentu dan pada acara tertentu pula. Pembuat roti maryam biasaanya orang asli Timur Tengah atau orang blasteran Timur Tengah yang berdomisili di Indoneaia. 

Bikin roti maryam sendiri yuk di rumah

Namun seiring dengan maraknya peminat roti maryam, kini mulai banyak kedai-kedai penjual roti maryam di berbagai daerah di Indonesia. Harga yang di bandrol untuk satu buah roti unik ini berkisar antara sepuluh hingga duapuluh ribu rupiah. Roti maryam biasanya lebih nikmat pabila disantap dengan menggunakan taburan keju, meses atau madu. Pembuatan roti maryam pun lumayan mudah dan hemat biaya. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membuat sendiri roti maryam di rumah, berikut bahan dan langkah-langkah membuat roti maryam yang dapat anda simak.

Bahan bahan yang perlu disiapkan :

1 kg tepung terigu
2 atau 3 butir telur ayam , pisahkan kuning telurnya
5 sdm susu bubuk ( susu putih )
Minyak goreng secukupnya ( hanya untuk olesan )
500 cc air hangat
Margarin
Garam halus

Cara membuat

1. Kocok telur, minyak goreng serta air dalam sebuah wadah, aduk hingga adonan tersebut merata, setelah itu  campurkan tepung terigu, dan susu bubuk dan garam. Uleni sampai terasa tidak lengket atau kalis.

2. Bagi adonan yang sudah anda uleni tadi pada sebuah loyang yang sudah dilumuri minyak, pembagian harus sama rata agar hasilnya terlihat sempurna.

3. Setelah terbagi rata tutupi adonan dengan menggunakan plastik dan tunggu hingga kurang lebih satu setengah jam, setelah terlihat mengembang, mulai tipiskan adonan tersebut dengan menekannya menggunakan tangan, jangan lupa untuk mengoleskan margarin atau minyak goreng, cara ini bertujuan agar adonan tidak mudah mengering. Setelah itu gulung adonan, lakukan secara  perlahan dengan sesekali menariknya. Ulur adonan agar terasa semakin tipis. Setalah dirasa cukup, gulung adonan tersebut secara melingkar. Susun adonan dan siapkan langkah berikutnya

4. Setelah adonan tersusun rapih, panggang pada teflon panas atau oven. Tunggu hingga roti berubah menjadi kecoklatan. Jangan terlalu coklat karena dapat mengurangi rasa dari roti maryam tersebut.  Angkat dan taruh pada sebuah piring saji. Taburi dengan toping yang sesuai dengan selera anda. Anda dapat menaburinya dengan parutan keju,meses ataupun madu, Percantik dengan hiasan stawberry atau kismis agar roti buatan anda terlihat semakin cantik. Dan yups roti maryam siap disajikan.. 

mudah kan.. selamat mencoba ya...

0 Response to "Bikin roti maryam sendiri yuk di rumah"

Posting Komentar