7 tips memanfaatkan sinar matahari untuk sang bayi dengan tepat

Bagi para orang tua yang baru mempunyai bayi sangat membutuhkan  pengetahuan yang luas dan beraneka ragam  untuk memberikan perawatan yang terbaik dan mencukupi kebutuhan  bagi perkembangan sang bayi, salah satu manfaat sinar matahari pagi bagi bayi baru lahir bisa menghangatkan bayi.

7 tips memanfaatkan sinar matahari untuk sang bayi dengan tepat

Selain menghangatkan bayi apa saja manfaat sinar matahari bagi bayi baru lahir ?

1.      Sinar matahari untuk pembentukan vitamin D, vitamin D bermanfaat 
 untuk penyerapan kalsium  pada tulang untuk pertumbuhannya.  

2.       sinar matahari berguna  supaya suara nafas sang bayi tidak seperti sedang mengorok. 

3.       sinar matahri dapat mengurangi kejenuhan atau depresi pada sang bayi,  
 yang dapat membuat bayi jarang menangis. 

4.       Kadar bilirubin mengalami peningkatan saat  bayi berusia 3-5 hari dan akan menurun saat berusia 7-10 hari. Sinar matahari mengandung spektrum sinar biru yang dapat memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin dalam darah kembali normal.

Setelah mengetahui manfaat sinar matahari bagi bayi anda tentu jangan sampai anda melewatkannya.

Lalu bagaimana memanfaatkan sinar matahari untuk sang bayi dengan tepat ?

1.  Jemurlah bayi pada waktu yang tepat, menjemur bayi sebaiknya pada pukul 7 sampai 8 pagi, lebih dari itu suhu matahari tidak baik untuk sang bayi karena sudah terlalu panas, lama menjemur bayi sekitar 15 menit .  

2. Tidak perlu menggunakan pakaian saat bayi sedang dijemur cukup menggunakan selembar kain untuk melindungi bayi dari serangga sekitar, gantilah/ bolak balikan bagian tubuh bayi yang dijemur agar sinar matahari mengenai bagian tubuh secara menyeluruh. 

3. Jangan menjemur bayi dilapangan walaupun kelihatannya mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak namun hal tersebut dapat berakibat buruk  karena mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Pilihlah tempat yang tertutup namun tetap mendapat pancaran sinar matahari yang cukup.

4.  Hindari menjemur bayi yang terlahir prematur, karena bayi yang terlahir premature membutuhkan waktu penyesuaian yang lebih lama.  

5. Ketika sedang menjemur sang bayi tidak ada salahnya untuk mendekatkan diri anda dengan bayi secara emosional dengan cara mengajak sang bayi mengobrol, bisa dengan membersihkan bagian tubuh bayi yang sering terliwat saat mandi.

6.  Apabila sinar matahari sedang terik kurangi waktu menjemur bayi agar sang bayi tidak mengalami hipertermia (hipertermia adalah peningkatan suhu tubuh 37 derajat  celcius  - 38 derajat celcius  ). 

7.  Sebaiknya ketika menjemur bayi membelakangi paparan sinar matahari, hal itu karena menghindarkan mata dari bayi dengan paparan sinar matahari secara langsung  agar tidak merusak lensa atau retina mata sang bayi.

Matahari sangat berguna bagi bayi, namun menjemur bayi berlebihan juga tidak baik.  

0 Response to "7 tips memanfaatkan sinar matahari untuk sang bayi dengan tepat "

Posting Komentar