Dampak positif negatif mengkonsumsi air putih yang jarang di ungkap

Banyak yang enggan mengkonsumsi air putih karena lupa akibat banyak pekerjaan. Padahal minum air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Minum air putih secara teratur sangat bermanfaatdan dianjurkan, tidak hanya dampak postif dari minum air putih anda juga harus mengetahui dampak negative dari  mengonsumsi air putih secara berlebihan.

Dampak positif negatif mengkonsumsi air putih yang jarang di ungkap


Dampak positif mengonsumsi air putih bagi tubuh 

Dampak mengonsumsi air putih dengan cukup selain menghilangkan rasa dahaga/ haus antara lain mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh kita, membantu melancarkan proses pembuangan sisa-sisa makanan, menjaga kesegaran kulit, mencegah  peningkatan berat badan (bagi yang sedang program diet). 

Perlu diketahui juga tidak hanya berakibat positif minum air putih secara berlebihan sangat tidak dianjurkan karena dapat berakibat merusak kekentalan darah, meningkatkan jumlah darah dan membuat ginjal bekerja lebih keras, dan masih banyak lagi lainnya. 

 Lalu berapa literkah air putih yang harus anda konsumsi setiap hari agar tidak berlebihan ? 

Air putih yang harus dikonsumsi sekitar 2 liter/hari. Yang perlu anda ketahui  bahwa setiap orang  air putih untuk wanita dan pria memiliki jumlah yang berbeda untuk wanita air putih yang harus dikonsumsi sebanyak 8 gelas berukuran 200 ml yaitu sekitar 1.6 Lt, untuk pria yang harus dikonsumsi sebanyak 10 gelas berukuran 200 Lt atau setara dengan 2 liter air putih. 

Dalam kondisi tertentu jumlah tersebut bisa berubah misalnya saja seperti

- penderita penyakit  ginjal maka harus mengurangi air putih agar tidak memberatkan kinerja ginjal,
- wanita yang hamil cairan yang dibutuhkan 2.3 liter/hari
- wanita yang menyusui membutuhkan cairan yang lebih banyak sekitar 3.1 liter/hari

Agar anda tidak kekurangan cairan minumlah air putih saat :

1. berolahraga

minumlah air putih sewajarnya tidak perlu berlebihan, agar tidak kekurangan cairan saat anda melakukan olahraga.

2. Sakit demam

Memperbanyak minum saat demam dapat membantu penurunan suhu tubuh karena mengakibatkan anda sering buang air kecil.

3. Haus

Minum tidak harus menunggu haus, namun rasa haus bisa dijadikan pengingat bahwa tubuh kita membutuhkan cairan .  Minum air putih tidak harus secara langsung dengan 8 gelas dalam 1 waktu, anda bisa minum air putih secara bertahap ketika pagi, saat mau makan, saat mau mandi, sore dan malam hari apabila mau tidur.

Bagaimana dengan anda yang tidak menyukai air putih ?

Jangan khawatir cairan tubuh anda tetap bisa dilengkapi dengan infused water atau memasukan irisan buah-buahan kedalam air putih tanpa gula, selain infused water anda bisa membuat jus buah atau sayur-sayuran murni tanpa gula, sayur dan buah tanpa dijus juga bisa dijadikan alternatif untuk anda yang tidak suka menghabiskan banyak waktu, pilihlah sayur dan buah yang banyak mengandung air, seperti buah semangka.

0 Response to "Dampak positif negatif mengkonsumsi air putih yang jarang di ungkap"

Posting Komentar