3 Dampak Negatif Rokok dan Kopi bagi kesehatan

Bagi para perokok, merokok sambil minum kopi adalah pasangan yang tepat.Tapi apakah pasangan tersebut baik untuk kesehatan kita ? mitos atau faktakah minum kopi memiliki dampak positif bagi perokok ?Menurut Dokter spesialis jantung, pembuluh darah, dan konsulan Dr. Jetty Sedyawan, Sp,Jp (K) bahwa minum kopi memiliki dampak positif bagi perokok merupakan hanya mitos semata, menurutnya tidak ada bahan makanan apapun yang dapat menetralisir bahaya rokok pada salah satu talkshow televisi.

3 Dampak Negatif Rokok dan Kopi bagi kesehatan

Dalam sebuah penelitian lain bahwa dampak rokok dan kopi bagi kesehatan dapat menyebabkan kekakuan arteri dan aliran darah menjadi tidak normal, dalam penelitian tersebut dilakukan kepada orang yang berusia dibawah 30-an, akibat dari perokok sekaligus  peminum kopi pada orang berusia lanjut atau yang sudah memiliki penyakit jantung atau tekanan darah akan berakibat berbeda dengan orang yang sebelumnya tidak memiliki riwayat tersebut.

Kekauan arteri disebabkan karena banyak plak yang menempel pada arteri sehingga akan kehilangan elastisitasnya. Kekakuan arteri dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan berakibat tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi membuat kinerja jantung menjadi lebih keras.Dampak negative rokok dan kopi bagi kesehatan akan sangat terasa apabila dikonsumsi secara bersamaan, namun bukan berarti tidak ada dampak negatife ketika dikonsumsi secara terpisah.
 
Dampak negative dari rokok

1.       Kesehatan otak 

Merokok dapat menyebabkan stroke, presentase perokok dalam menderita stroke sekitar 50 persen, perokok juga dapat menyebabkan aneurisma otak atau pembekakan pada pembuluh darah, pembekakakan pada pembuluh darah dapat melemahkan pembuluh darah, sehingga sewaktu-waktu bisa pecah sehingga dapat mengalami pendarahan otak.  

2.       Kesehatan mulut dan tenggorokan

Rokok dapat menyebabkan nafas tidak segar dan menyebabkan noda pada gigi. Kerusakan pada indera perasa juga akan timbul. Selain itu rokok juga menyebabkan kanker lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.

3.       Kesehatan paru- paru

Zat- zat yang terkandung dalam rokok seperti karbon monoksida, tar, gas oksidan, benzene, nikotin dan masih banyak lagi. Zat- zat tersebut dapat menyebabkan pembentukan sel kanker pada paru- paru, penyakit lainnya yang bisa terjadi yaitu bronchitis, pneumonia, emfisema.

Banyak sekali dampak negative dari rokok selain uaraian diatas, rokok dapat memicu kesehatan lambung yang berakibat pada kanker lambung, kesehatan tulang yang dapat mempercepat eustoporosis atau tulang rapuh karena zat-zat pada rokok dapat mengganggu keseimbangan hormon-hormon pada tulang yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, selain itu perokok juga dapat mengalami penuaan dini kulit menjadi cepat keriput dan terlihat lebih tua dari orang yang bukan perokok, gangguan pada alat reproduksi seperti impoten pada pria dan mengurangi keseburan pada wanita.

Walapun tidak merokok mengonsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi karena kandungan kafein pada kopi.Setelah mengetahui dampak negative  dari rokok dan kopi bagi kesehatan apakah anda akan tetap mengonsumsi keduanya ? bagaimana dengan keluarga anda dan anak anda ? menjaga kesehatan diri- sendiri dan keluarga tentu sangat penting. Tidak bisa dibayangkan jika bahaya tersebut mengintai anda dan keluarga anda.

0 Response to "3 Dampak Negatif Rokok dan Kopi bagi kesehatan"

Posting Komentar