5 langkah Hemat listrik kurangi masalah Global Warming

Kenapa bisa menghemat listrik bisa membantu mengurangi masalah global warming ? mungkin pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan pertama ketika anda membaca judul artikel ini.
Sebelum menjawab pertanyaan diatas sebaiknya apa sih yang dimaksud global warming itu ? global warming adalah peningkatan suhu pada udara, darat, dan laut sehingga suhu bumi menjadi meningkat. Salah satu penyebab global warming adalah peningkatan pemaikan listrik, di Negara maju seperti amerika, cina dan autralia yang memproduksi listrik dalam skala besar dengan menggunakan batubara untuk pembangkit tenaga listrik . setiap unit listrik memerlukan 3 batura yang dibakar, efek pembakaran batubara mengikat  oksgen dan menghasilkan karbondioksida dan menyebabkan semakin banyak polusi diudara sehingga meningkatkan global warming. 
 
5 langkah Hemat listrik kurangi masalah Global Warming

Efek global warming saat ini sedang kita rasakan yaitu perubahan iklim sudah mulai tak seperti dulu lagi, perubahan iklim yang tidak dapat diprediksi, yang harusnya musim hujan ternyata masih musim kemarau, saat musim kemarau ternyata masih musim hujan. Perubahan suhu juga sangat terasa yang biasanya wilayah tertentu dingin kini tiba-tiba sudah mulai terasa panas, apalagi daerah pantai yang pada malam hari panas kini berubah menjadi lebih dingin. ?

Kebiasaan menghemat listrik yang dapat  mengurangi global warming dalam kehidupan sehari- hari.
  
1.       Pemerintah kini telah membuat program earthhour, earthour adalah mematikan listrik selama satu jam untuk bumi. Dengan mengikuti program tersebut kita semua dapat menghemat listrik yang dapat mengurangi global warming, energy yang dapat disimpan sekitar 350 watt untuk daerah jawa, madura dan bali. Program earthhour bila dilakukan secara terus menerus tentu energy yang tersimpan di bumi tercinta akan lebih banyak dan berguna untuk beberapa tahun kedepan. 

2.       Gunakan listrik secara bijak matikan alat elektronik seperti TV, Komputer, Lampu ketika sudah dipakai jangan membiarkan tetap menyala ketika sudah selesai hal itu dapat membuat boros listrik, bukan hanya boros energy listrik tunggakan biaya listrik juga akan meningkat. 

3.       Nyalakan dispenser ketika urgent/ terburu-buru apabila masih bisa menggunakan kompor gunakan kompor untuk memanaskan air.  

4.       Cabut charge hp ketika sudah selesai, hal ini sering kita lupakan ketika telah selesai menggunakannya, walaupun untuk mengecharge hp tidak membutuhkan energi yang banyak, namun ketika anda tidak mencabut charge ketika sudah selesai itu berarti anda telah membuang energy listrik secara sia- sia.   

5.       Gunakan seminimal mungkin ketika siang hari, karena saat siang hari kita telah mendapat bantuan cahaya dari matahari untuk menerangi dalam rumah. Hal itu dapat membantu mengurangi global warming

Banyak yang dapat anda lakukan untuk dapat menghemat listrik dalam mengurangi efek global warming, tidak hanya menghemat listrik mengurangi makanan cepat saji juga membantu mengurangi efek global warming karena sampah makanan cepat saji penghasil sampah terbesar di dunia, selain itu menggunakan kantong plastik berulang-ulang untuk berbelanja juga dapat mengurangi efek global warming, karena penguraian plastic dibutuhkan waktu yang sangat lama.

Indah rasanya ketika bumi kita kembali segar dan asri, ayo tingkatkan program GO GREEN.

0 Response to "5 langkah Hemat listrik kurangi masalah Global Warming "

Posting Komentar