Lakukan 3 cara ini bila si kecil mogok makan

Anak yang sehat dan cerdas adalah anak yang cukup dalam asupan gizi dan nutrisinya. Untuk itu sebagai orang tua kita tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Nutrisi yang baik dapat diperoleh dari makanan yang bergizi. Namun bagaimana bila si kecil sering mogok makan dan gemar menolak makanan? Bagaimana dengan tumbuh kembangnya? Sedih dong pastinya, eits tenang dulu, siapkan cara jitu untuk membuat anak gemar makan. Dijamin pasti.. simak ya

Lakukan cara ini bila si kecil mogok makan

Pertama, anak yang susah makan biasanya mereka sudah mulai merasa jenuh dengan menu makan atau model dari penyajian jenis makanan yang akan ia santap. Untuk itu, siasati menu makanan anak anda dengan mengganti jenis menunya setiap hari. Tawarkan padanya tentang menu yang ingin ia santap hari ini. Ajak ia memilih bahan makanan yang akan anda buat. Anda dapat mengajaknya pergi kepasar untuk berbelanja bahan kebutuhan. Kenalkan pada anak tentang jenis-jenis bahan makanan dan kandungan gizinya bila ia mau mengkonsumsinya. Ajak anak untuk berinteraksi dengan penjual agar dapat pelajaran baru serta menambah rasa percaya dirinya.

Kedua, ajak anak untuk mengolah menu makanan yang ia sukai. Mengajari anak belajar memasak menuai banyak manfaat. Selain itu, anda juga dapat menjalin kedekatan dengan si buah hati. Ajari si kecil untuk menghias makanan yang sesuai dengan keinginannya. Hal postif ini juga dapat meningkatkan daya kreatifitasnya serta imajinasinya dapat berkembang dengan sempurna. Selain itu, makanan yang dihias unik dan lucu praktis akan msmbuat anak anda tertarik untuk menyantapnya. Cara ini cukup efektif untuk menyiasati anak yang mogok makan.

Ketiga, lalukan ritual menarik saat dalam acara makan anda. Biaskan anak untuk berdoa sebelum makan. Saat menyantap tanyakan rasa dari masakan tersebut, ajak ia larut dalam menikmati makanan yang tengah ia makan. Beri tanggapan positif tentang usul si kecil mengenai jenis masakan yang anda buat. Anda perlu menghargainya, tunjukkan padanya respon yang baik tentang tanggapan yang sedang ia utarakan. Kerahkan semua anggota keluarga untuk makan bersama. Sajikan bermacam-macam menu agar mereka terutama buah hati anda dapat memilih makanan yang ia sukai. Makan bersama seluruh anggota keluarga dapat membangun kebersamaan serta rasa sayang antar keluarga. Selain makan dirumah anda juga dapat mengajaknya makan diluar, misalnya taman atau kebun belakang rumah. Suasana yang lain serta menyenangkan dapat meningkatkan minat si kecil untuk bersantap ria. Si kecil biasanya senang dipuji. Maka beri ia pujian bila ia berhasil menghabiskan semua makanannya. Rasa sayang yang tulus dari sang ibu yang dapat menjadi energi positif untuk si buah hati dalam tumbuh kembangnya dimasa depan.

0 Response to "Lakukan 3 cara ini bila si kecil mogok makan"

Posting Komentar