4 Tips Keluarga Harmonis

Keluarga harmonis akan menciptakan hubungan keluarga yang sehat. Suasana yang diciptakan oleh keluarga harmonis juga akan tenang, tentram, dan penuh kehangatan. Permasalahan yang timbul dalam keluarga memang wajar terjadi. Namun, apabila kita dapat menyikapi masalah tersebut dengan kerjasama yang baik dengan keluarga. Tentunya masalah yang datang hanyalah sebagai kerikil biasa. 


Berikut ini adalah tips keluarga harmonis:

1.Berkomunikasi


Komunikasi memang menjadi hal utama dan paling penting dalam keluarga. Sering berkomunikasi yang baik dalam keluarga akan mengurangi ketegangan di rumah. Jika mengutarakan sesuatu, utarakanlah dengan lembut dan mudah dipahami. Berkomunikasi dalam keluarga bisa berbentuk sebagai tegur sapa, humor, atau berbagi cerita.

2.Sering Berkumpul


Untuk menciptakan keluarga harmonis, perlunya kedekatan satu sama lain. Sering- seringlah meluangkan waktu di sela- sela aktivitas untuk berkumpul bersama keluarga. Anda dapat melakukan hal sederhana seperti menonton televisi, makan, piknik keluarga, memasak bersama. Hal yang sering dilakukan bersama- sama menciptakan keeratan biologis satu sama lain.

3.Sifat Terbuka


Menciptakan keluarga harmonis selanjutnya adalah dengan selalu bersifat terbuka satu sama lain. Ceritakan pengalaman-pengalaman menarik baik pihak orang tua maupun anak. Hal ini bisa mempererat hubungan keluarga. Selain berbagi pengalaman, berikan waktu masing- masing anggota keluarga untuk mengutarakan apa hal yang kurang sesuai. Rundingkan hal tersebut sebagai acuan berinovasi di dalam keluarga.

4.Menekan Emosi


Menciptakan keluarga harmonis harus dengan menekan emosi. Jangan meledak- ledak ketika marah. Berikan kesepakatan untuk setiap anggota keluarga tidak mementingkan ego-nya sendiri. Ketika menghadapi masalah, utarakan secara baik- baik dan menyelesaikannya secara kekeluargaan. Dengarkan pendapat anggota keluarga yang lain, apabila pendapat tidak diterima jangan langsung emosi. Tapi dengarkan dahulu alasan apa yang menjadi acuan tidak diterimanya pendapat kita.

Dengan menerapkan tips- tips keluarga harmonis diatas, saling kerja sama, saling mengerti, menghormati, toleransi satu sama lain akan menciptakan suasana rumah yang nyaman. Karena selain sebagai tempat tinggal, rumah juga menjadi tujuan pulang utama karena keluarga. 

1 Response to "4 Tips Keluarga Harmonis"