Bagaimana Memberikan Pendidikan Seks Remaja?

Anak yang menginjak usia remaja biasanya memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Ketertarikan pada lawan jenis di usia remaja sangat wajar terjadi. Diantara rasa ketertarikan dengan lawan jenis inilah peran orang tua sangat dibutuhkan. Remaja perlu diberikan pemahaman tentang seks demi menghindari penyimpangan seksual.


Pendidikan seks bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan. Orang tua bisa menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Pendidikan seks tidak hanya hubungan badan saja, namun juga nama dan fungsi organ vital, penyimpangan, resiko.

Berikut tips memberikan pendidikan seks pada remaja:

1.Sesuaikan dengan Usia

Memberikan pendidikan seks pada remaja perlu disesuaikan dengan usianya. Tidak perlu terlalu jauh. Kenalkan apa itu seks dan seksualitas, perbedaan- perbedaan yang terjadi ketika mengalami masa pubertas, dan hal- hal yang perlu dihindari ketika sudah menginjak remaja serta memberikan batasan- batasan dalam tertarik pada lawan jenis.

2.Komunikasi

Utarakan dengan bahasa yang mudah dipahami dalam memberikan pendidikan seks remaja. Jelaskan agar anak tidak menangkap informasi dengan salah. Berikan waktu untuk bertanya tentang apa yang sudah kita jelaskan. Sisipkan nilai- nilai moral dalam menjelaskan pendidikan seks. Apabila pertanyaan anak tidak bisa kita jawab, komunikasikan dengan lembut bahwa Anda tidak tahu jawabannya atau anak masih belum cukup umur untuk mengetahuinya.

3.Sifat Terbuka

Jangan malu- malu dan canggung ketika memberikan pendidikan seks remaja. Apabila kita benar- benar mengetahui jawaban atas pertanyaan anak, jangan ragu untuk menjawab. Apabila kita benar- benar tidak tahu, lebih baik utarakan tidak mengetahui jawabannya. Hal ini lebih baik dibandingkan kita menjawab dengan jawaban yang salah.

Memberikan pendidikan seks remaja dengan tepat dapat mencegah penyimpangan- penyimpangan yang terjadi seperti kehamilan di luar nikah, berzina, dan lain- lain. Seks bukanlah hal yang harus dijauhi dan menjijikkan. Pendidikan seks meliputi banyak aspek yang sangat luas. Jangan lupa bubuhi pendidikan moral pada anak, sehingga akan tertanam pada pemikiran anak mana yang baik dan mana yang  buruk baginya.

1 Response to "Bagaimana Memberikan Pendidikan Seks Remaja?"