Ini 7 Cara Mengatasi Stress Anak!

Stress adalah penyakit psikologis yang menyerang pada segala usia. Namun, masih banyak yang belum menyadari jika stress dapat menyerang pada anak. Sebagai orang tua patutnya kita tahu gejala stress dan cara mengatasi stress anak. 


Berikut ini adalah gejala stress pada anak:

1.Gejala Emosi

Anak yang sedang mengalami stress biasanya ia mudah bosan, menjauh dari lingkungannya, lebih suka menyendiri dan mengurung diri di kamar. Tingkat perasaannya sering naik turun. Anak yang sedang stress lebih mudah marah dan suka menangis tanpa sebab.

2.Gejala Tingkah Laku


Perilaku anak yang mengalami stress cenderung keras kepala, mereka lebih suka mempertahankan apa yang menurut mereka benar. Tingkat egois anak yang stress lebih tinggi dari pada anak normal.

3.Gejala Fisik


Anak yang stress memiliki nafsu makan yang rendah, susah tidur, sering bermimpi buruk.

4.Gejala Kognitif


Kemampuan anak yang stress dalam menerima pelajaran dan berkonsentrasi lebih rendah daripada anak yang tingkat stressnya rendah.

Setelah mempelajari gejala stress pada anak, kini kita pelajari cara mengatasi stress anak. Apa saja itu?

1.Lengkapi Kebutuhan Anak

Sediakan apa yang anak butuhkan seperti fasilitas, sarana, dan prasarana. Menyediakan apa yang dia sukai bisa mengembangkan minat dan bakatnya. Cara ini bisa mengatasi stress anak.

2.Cukup Istirahat

Cara mengatasi stress anak yaitu cukup tidur. Tidur yang cukup akan mengurangi tingkat stress pada anak.

3.Habiskan Waktu Dengan Anak

Berikan waktu sedikit di sela- sela kesibukan bekerja Anda. Ajak anak keluar untuk sekedar refreshing. Berikan waktu untuk anak bercerita tentang masalah yang dia pendam. Jawablah dengan bijak dan memberi jalan keluar supaya anak merasa diperhatikan dan merasa orang tua bisa menyelesaikan masalahnya.

4.Berikan Pemahaman

Cara mengatasi stress anak selanjutnya yaitu memberikan edukasi bahwa setiap manusia pasti mengalami masalah, namun semua ada jalan keluarnya. Latih dia mengenali hal positif dan negatif pada dirinya sendiri. Ajak dia merubah hal- hal buruk dalam dirinya menjadi hal yang lebih positif.

5.Ajarkan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi yaitu dengan mengambil nafas dalam dalam, kemudian menahannya selama 3 detik. Setelah itu menghembuskan pelan pelan lewat mulut. Hal ini dilakukan berulang ulang dan efektik untuk mengatasi stress pada anak.

6.Jangan Libatkan Masalah Orang Tua Dengan Anak

Ketika Anda mempunyai masalah pribadi, jangan melibatkan anak masuk ke dalam masalah tersebut. Jangan bertengkar di depan anak, karena hal ini hanya akan membuat anak mengingat- ingat hal tersebut dan membuat mentalnya menurun.

7.Berikan Motivasi

Setiap hal yang anak lakukan, puji dia sudah melakukan hal tersebut dengan baik. Sisipkan sedikit humor untuk mencairkan suasana dan membuat pikiran anak lebih rileks.

0 Response to "Ini 7 Cara Mengatasi Stress Anak!"

Posting Komentar