3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital

Kebanyakan dari kita sering melupakan tentang betapa pentingnya merawat sebuah kamera digital. Meskipun tak ada bedanya dengan alat elektronik lainnya seperti handphone dan komputer namun cara merawat kamera digital sangat perlu dan bahkan wajib diperhatikan. Bagi anda yang begitu memperdulikan tentang kesehatan dan ke awetan kamera digital yang anda miliki, berikut ini saya bagikan 3 langkah mudah dalam merawat sebuah  kamera digital yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital.

1. Bersihkan kamera anda secara berkala

3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital yang pertama adalah dengan membersihkannya secara berkala. Sebuah kamera atau benda apapun sama halnya dengan kita, meraka juga perlu dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel di setiap komponennya. Bila cara menjaga kebersihan kamera digital tidak diperhatiakan maka pada akhirnya akan mengganggu kinerja dari kamera tersebut. Oleh sebab itu, biasakan mejaga kebersihan kamera anda mulai dari sekarang. Bersihkan kamera anda setidaknya 3x dalam satu minggu. 

Cara membersihkannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggosok setiap bagian kamera dengan  kain bersih tanpa perlu menggunakan  cairan pembersih apapun. Gosok secara perlahan dan hindari menekan pada bagian-bagian tertentu , karena hal ini akan menjadi penyebab terjadinya kerusakakan yang cukup fatal pada kamera anda. Setelah dibersihkan simpan kamera anda dengan baik pada tempat yang bersuhu rendah dan anti debu.

2. Lindungi kamera dari air

Urutan yang kedua tentang 3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital adalah dengan melindungi kamera dari air. Hindarkan kamera anda dari air terlebih air pantai. Air pantai terbukti menjadi salah satu penyebab kerusakkan secara permanen pada sebuah kamera. Hal ini disebabkan oleh partikel garam yang dapat masuk ke celah-celah bagian dalam kamera yang akhirnya merusak komponen kamera. Namun bila aktifitas pemotretan anda memang harus dilakukan di pantai anda dapat menggunakan kamera jenis waterproof , jenis kamera ini tahan air dan tak terlalu berisiko bila digunakan di pantai.

3. Perhatikan keamanan lensa pada kamera digital

3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital yang terakhir adalah dengan memberi proteksi lebih pada lensa kamera. Lensa adalah komponen utama pada sebuah kamera digital, lensa yang baik akan dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik pula. Maka dari itu perhatikanlah kebersihan keamanan sebuah lensa kamera  dengan baik dan benar. Tak perlu cara khusus untuk membersihkan lensa kamera , anda hanya perlu membersihkannya dengan kain kering dan cairan khusus pembersih lensa. 

Lakukan gerakan memutar tanpa perlu menekan nya keras-keras. Bersihakan semua bagian lensa hingga detail sampai tidak ada debu yang tersisa. Setelah dipastiakan bersih dari debu, segera simpan lensa beserta kamera anda pada tempatnya. Jangan menaruh nya disembarang tempat atau bahkan dibawah sinar matahai. Taruhlah kamera anda pada tas khusus yang dapat anda cari di toko khusus peralatan kamera digital. 

Demikian ulasan mengenai 3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital. Pada dasarnya, ke awetan sebuah kamera dapat diukur melalui bagaimana cara kita merawatnya. Apabila dalam merawatnya saja kita sudah asal-asalan maka tak heran bila daya dan usia pada sebuah kamera pun tidak akan bertahan lama. Merawat sebuah kamera digital diperlukan sebuah ketelatenan yang amat. Bila kita patuh pada prosedur perawatan kamera yang benar , maka bisa dipastikan kamera digital yang kita punya akan berumur lama dan jauh dari kerusakkan. Selamat mencoba.

0 Response to "3 langkah mudah dalam merawat sebuah kamera digital"

Posting Komentar