5 Tips Membersihkan Koleksi Action Figure

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang suka mengumpulkan mainan replika? Biasanya, ukuran kecil membuat pemilik malas untuk membersihkan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara merawat dan mencuci koleksi action figure agar selalu terlihat bersih dan mengkilap. Memang dibutuhkan kesabaran dalam membersihkan benda kecil ini, apalagi jika jumlah yang Anda miliki cukup banyak dan berfariasi. 

5 Tips Membersihkan Koleksi Action Figure

Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat action figure yang Anda miliki:

1.Pisahkan sesuai jenis dan bahan baku

Sebelum membersihkan action figure yang Anda miliki, ada baiknya jika memisahkan sesuai dengan bahan baku pembuatan mainan. Pisahkan bahan yang terbuat dari plastik, kain atau besi, dengan begitu, perawatan yang diberikan tidak akan salah  

2.Pilih sabun yang tepat

Rendam pada ember sesuai dengan bahan baku mainan. Setelah 30 menit, Anda bisa mulai mencucinya. Gunakan sabun cuci baju untuk action figure yang terbuat dari kain, dan sabun cair cuci piring untuk koleksi yang terbuat dari plastik dan besi. Jika bahan baku plastik dan besi dicuci menggunakan sabun cuci baju, akan mempercepat timbulnya karat. Bersihkan dengan menggunakan sikat gigi setiap bagian agar debu yang menempel lenyap. Selanjutnya Anda bisa membilas dengan menggunakan air dingin.

3.Keringkan sebelum menata kembali

Gunakan lap kain bersih untuk mengeringkan action figure plastik dan besi. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna pada mainan Anda mengelupas. Dan jika terbuat dari besi akan lebih cepat berkarat. Berbeda halnya dengan mainan yang terbuat dari kain, Anda wajib menjemurnya di bawah sinar matahari. Karena harus dipastikan bahwa replika mainan tokoh favorit Anda benar-benar kering agar tidak berbau apek. Selain itu, juga akan menimbulkan jamur jika disimpan di dalam lemari. Agar cepat kering, Anda bisa menggantungnya supaya air keluar dan turun ke bawah.

4.Bersihkan tempat untuk menata koleksi

Pastikan bahwa tempat yang digunakan untuk meletakkan benda-benda kecil tersebut juga bersih dan terbebas dari debu. Apabila Anda menggunakan almari kaca, bisa dibersihkan dengan koran basah. Hal itu akan membuat kaca akan mengkilap seperti baru. Anda juga bisa melakukan pembersihan kaca almari dengan menggunakan salah satu produk yang dijual di pasaran. Tips lain jika meletakkan action figure di dalam lemari kayu, gunakan kertas sebagai alas. Selain membuat mainan Anda tidak cepat kotor, juga membuatnya awet karena terhindar dari ngengat dan rayap.

5.Tata rapi

Setelah koleksi action figure dan lemari untuk menyimpannya selesai dibersihkan. Anda bisa meletakkan kapur barus di dalam lemari tersebut agar mainan Anda tidak apek dan aromanya tetap segar, atau juga bisa dengan meletakkan pewangi ruangan sesuai dengan selera. Tata dengan rapi koleksi Anda tersebut agar enak dipandang. Atau jika Anda memiliki kreatifitas tinggi, bisa dengan meletakkan beberapa tokoh, sehingga membentuk suatu rangkaian cerita menarik.

1 Response to "5 Tips Membersihkan Koleksi Action Figure"