2 Barang Antik yang masih menarik

Mengoleksi barang antik merupakan salah satu hobi yang dimiliki sebagian orang. Para kolektor mengumpulkan berbagai macam benda lawas yang kini sudah tidak lagi dijual di pasaran. Kebanyakan, barang antik memiliki nilai jual sangat mahal, hal ini terjadi karena keberadaannya sudah langka dan tidak banyak orang memiliki. Sejalan dengan alasan tersebut, orang yang mengoleksi benda-benda kuno ini biasanya masyarakat dengan strata sosial menengah ke atas. 

Beberapa macam yang bisa menjadi barang simpanan untuk koleksi adalah

1.Mesin ketik



Bagi teman-teman yang lahir pada tahun 2000 ke atas mungkin tidak mengenal lagi mesin ketik. Mesin ini digunakan sebagai alat untuk mengetik. Pesatnya perkembangan teknologi, keberadaan mesin tik sudah dianggap kuno, dan tergeser oleh komputer. Agar komputer bisa menyala, dibutuhkan beberapa komponen penting seperti CPU, monitor, mouse, dan keyboard. Hal ini masih dianggap tidak memenuhi kebutuhan masyarakat moderen, sehingga dibuatlah laptop, yaitu komputer praktis yang bisa dibawa kemanapun. Mesin ketik memang sangat modern di jamannya, namun sekarang sudah tidak digunakan karena dianggap sebagai barang antik. Selain itu, mengetik menggunakan mesin ini tidak boleh terjadi kesalahan, karena harus mengulang dari awal jika terjadi kekeliruan dalam mengetik.

2.Sepeda kuno

Benda yang termasuk barang antik lainnya adalah sepeda. Alat transportasi ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kendaraan ini tidak mengeluarkan asap bermotor, sehingga lebih sehat untuk pengendara maupun orang sekitar. Pedal digunakan sebagai pengayuh agar bisa melaju dan tidak memerlukan bahan bakar seperti bensin untuk menjalankannya. Kendaraan roda dua ini sudah ada sejak abad 18, tentunya dengan bentuk yang masih sangat tradisional dan sederhana. Seiring dengan berjalannya waktu, perubahan dan perkembangan dialami baik dari sisi model maupun jenisnya. Jika pada jaman dahulu sepeda terkenal dengan tipe ontel atau kumbang, kini variasinya sangat beragam. Seperti sepeda gunung, BMX, mini, balap, serta tidak ketinggalan, yang terbaru adalah sepeda lipat.

Berbagai macam jenis sepeda yang sekarang ini muncul di tengah masyarakat, membuat sepeda ontel/kumbang sudah tidak lagi dilirik dan digunakan. Modelnya masih menggunakan sistem pengereman terpedo, yaitu kendaraan akan mengerem jika memundurkan pedal ke arah belakang. Hal ini membuat masyarakat modern enggan memakainya, karena dianggap ribet dan tidak praktis. Sehingga jenis ini sudah mulai langka dan banyak yang menjadi pajangan koleksi barang antik.

Mungkin pada jaman sekarang, kita menganggap bahwa benda-benda tersebut tidak bermanfaat, namun bagi pecinta barang antik, barang yang disebutkan di atas, diburu dan dicari. Mereka berani mengeluarkan dana besar demi mendapatkan yang diinginkan. Bisa jadi, barang yang sekarang terlihat moderen dan murah, beberapa tahun lagi menjadi sesuatu yang langka serta sangat mahal. Rawatlah barang-barang yang Anda miliki sekarang ini, bisa saja 10-20 tahun kemudian benda tersebut menjadi barang kuno dan dicari kolektor.

0 Response to "2 Barang Antik yang masih menarik"

Posting Komentar