Resep rahasia membuat rujak cireng super pedas

Cireng adalah makanan khas Kota Bandung Jawa barat yang sudah terkenal hampir diseluruh Indonesia. Cireng biasanya berbentuk pipih dan bertekstur sedikit lembek tapi chrispy. Cireng atau aci goreng biasanya disajikan dengan saus sambal. Rasa gurih dan pedas pada makanan yang biasanya dijual di sekolah atau di tempat umum ini menjadi ciri khas utamanya. Bila cireng dimakan dengan oncom yang dicampur saus sambal pastilah sudah lazim bagi lidah anda. Nah bagaimana kalau cireng berbumbu rujak? Wah pasti nikmat ya,, mau mencoba untuk membuat sendiri dirumah? Berikut ini resep dan cara membuat cireng bumbu rujak yang khusus untuk anda

Resep membuat rujak cireng super pedas

Bahan untuk cireng

200gr tepung tapioka, dapat pula menggunakan tepung sagu
250gr tepung terigu
Irisan daun bawang untuk pelengkap
Bahan yang dihaluskan
4 siung bawang putih . Haluskan
2sdm ebi
Merica bubuk secukupnya
Bumbu untuk saus rujak
Cabai rawit merah sesuai selera
Kacang tanah goreng seperlunya
Garam
Gula merah
Air
Asam jawa
Cara membuat

Bumbu rujak pedas

Untuk membuat bumbu rujak pada cireng, anda hanya perlu menghaluskan cabai rawit, kacang, garam, asam dan gula merah. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata.

Adonan cireng

Campur adonan cireng dan aduk hingga merata. Jangan tambahkan air. Setelah tercampur merata biarkan pada wadah dan lakukan proses selanjutnya.
Siapkan bumbu yang dihaluskan. Rebus pada air yang mendidih . Setelah dirasa cukup campur kaldu tersebut bersama adonan cireng yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk atau uleni adonan sampai tercampur rata dan kalis.
Setelah itu siapkan langkah selanjutnya. Panaskan minyak pada penggorengan lalu goreng cireng dengan takaran satu sendok makan penuh. Sebelum itu pipihkan terlebih dahulu agar dapat matang sampai kedalam. Goreng hingga berubah kekuningan. Angkat
Sajikan cireng yang masih hangat beserta bumbu rujak pedas.

Dengan membuat sendiri kue cireng dirumah, pastilah tingkat kebersihan, rasa dan kesehatan dari makanan tersebut sangat terjaga. Anda dapat menjadikan penganan ringan ini sebagai bekal untuk buah hati anda, tujuannya  agar ia tidak lagi jajan sembarangan di sekolah. Selain itu anda juga dapat melatih anak untuk berhemat dan menggunakan uangnya untuk keperluan yang bermanfaat. Mengingat proses pembuatannya yang mudah anda mungkin dapat mengajari si kecil untuk membantu anda memasak dirumah. 

Selain mengajarkannya akan hal yang baru, mengajari anak memasak dapat menumbuhkan rasa mandiri, kreatif dan bertanggung jawab. Selain digunakan untuk penganan rumahan yang lezat, tak ada salahnya bila anda me ulia untuk berbisnis untuk menjual penganan jenis ini. Dilihat dari harganya yang murah, makanan unik yang satu ini juga masih memiliki prospek menguntungkan kedepannya. Selamat mencoba ..

0 Response to "Resep rahasia membuat rujak cireng super pedas"

Posting Komentar