ES KRIM UNIK RASA LIDAH BUAYA

Setiap orang pasti mengenal yang namanya es krim. Es krim adalah suatu jenis makanan bertekstur semi-padat yang terbuat dari tepung es krim, susu, lemak, gula, dan bahan-bahan tambahan lainnya yang pembuatannya dilakukan dengan melakukan pembekuan. Pada umumnya, es krim disajikan sebagai makanan penutup (dessert) di restoran-restoran.Di Indonesia, es krim merupakan makanan yang sangat popular di masyarakat mulai dari usia anak-anak hingga dewasa karena memiliki cita rasa yang lezat dan teksturnya yang lembut.

ES KRIM UNIK RASA LIDAH BUAYA


Es krim biasanya dibuat dengan berbagai macam rasa yaitu strawberry, vanila, pisang, blueberry, greentea, chocolate, dan rasa buah-buahan lainnya. Kali ini kita akan membahas cara membuat es krim dengan cita rasa yang unik yaitu rasa lidah buaya. Lidah buaya merupakan suatu tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi antara lain vitamin, mineral, asam amino, dan enzim.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menyuburkan kulit kepala, mengurangi kulit ketombe, menghilangkan jerawat, dan lain-lain. Lidah buaya biasanya digunakan untuk masker wajah, bahan utama pembuatan jus, dan bahan pelengkap aneka jenis minuman. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim lidah buaya adalah susu, daging lidah buaya, gula, susu skim, CMC (bahan penstabil), mentega, air, dan garam. Cara membuat es krim lidah buaya ini terbilang cukup mudah karena sama dengan cara pembuatan es krim pada umumnya. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat es krim lidah buaya:

1.Kupas kulit lidah buaya dan pisahkan daging lidah buaya dari kulitnya, lalu rendam daging lidah buaya dalam larutan air garam sampai lendirnya keluar. Setelah itu cuci daging lidah buaya dengan air bersih.

2.Setelah melalui proses perendaman dan pencucian selanjutnya daging lidah buaya tersebut dimasak dengan air mendidih selama 10 menit, kemudian daging lidah buaya diblender.

3.Daging lidah buaya yang sudah halus dicampur dengan susu, gula, susu skim, dan mentega lalu dipanaskan dengan suhu 400C. Tambahkan CMC (penstabil) pada campuran tersebut kemudian dipanaskan lagi dengan suhu 800 C selama kurang lebih 30 detik.

4.Lakukan pencampuran sekali lagi dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata kemudian masukkan ke dalam lemari es selama 24 jam.

5.Kemudian es krim lidah buaya yang hampir jadi dimasukkan ke dalam ice cream maker untuk dilakukan pembuihan selama 30 menit pada suhu -50C.

6.Langkah yang terakhir adalah membekukan es krim lidah buaya di dalam freezer selama 24 jam dan es krim lidah buaya siap untuk disajikan.

Mudah bukan? Anda tidak perlu lagi membeli es krim karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan dijamin es krim lidah buaya buatan anda sendiri tidak kalah lezat dan menyegarkan dari es krim di pasaran. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, es krim lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

1 Response to "ES KRIM UNIK RASA LIDAH BUAYA"

  1. baru tahu ternyata lidah buaya bisa juga dibikin es krim. ini adalah ide kreatif yang perlu dicoba . terima kasih sudah berbagi.
    cara menanam lidah buaya

    BalasHapus