7 CARA MEMOTONG BAWANG TANPA PEDIH DIMATA

Mata terasa pedas hingga menangis saat sedang memotong bawang adalah hal yang sudah biasa terjadi. Namun, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar mata tidak merasa pedih saat memotong bawang.

7 CARA MEMOTONG BAWANG TANPA PEDIH DIMATA

Bagaimana caranya agar mata tidak merasa pedih saat mengiris bawang? Berikut caranya :

1.Gunakan Pisau Tajam

Pastikan Anda memakai pisau yang tajam saat mengiris bawang merah. Pisau yang tajam akan memotong secara cepat. Sehingga, bawang yang teriris dengan cepat akan mengurangi pelepasan enzim yang membuat mata terasa pedih, yang membuat air mata keluar.

2.Rendam dengan air garam

Sesaat sebelum diiris, rendam bawang terlebih dulu ke dalam air yang sudah dicampur dengan garam. Rendam hingga 10 menit untuk mengurangi enzim pada bawang yang bisa membuat mata pedih.

3.Cuci dan bersihkan bawang

Apabila tidak punya cukup waktu untuk merendam bawang, Anda bisa mencuci bawang dengan campuran air dengan cuka sebelum dipotong. Manfaat air cuka akan mengurangi asam, juga mengurangi bau menyengat pada bawang.

4.Gunakan kacamata pelindung

Bila Anda orang yang tidak tahan terhadap bau atau aroma bawang, gunakan kacamata untuk mencegah bau bawang dan enzim bawang yang membuat mata pedih.

5.Hidupkan kipas angin

Ketika mengiris bawang merah, Anda cukup hidupkan kipas angin. Karena dengan angin, aroma atau uap yang ditimbulkan oleh bawang tidak menembus ke hidung atau mata Anda.

6.Iris di dalam mangkuk yang berisi air

Cara lebih gampang lainnya, adalah dengan mengiris bawang di dalam mangkuk yang telah diberi air. Aroma dan uap pedas pada bawang tidak timbul dan tidak menyebabkan mata pedih

7.Simpan di kulkas

Jika Anda memiliki cukup waktu untuk memasak, ada baiknya bawang terlebih dulu dimasukkan kedalam kulkas. Lamanya sekitar 30 menit. Menyimpan bawang merah ke dalam kulkas membantu mengurangi enzim pada bawang akan keluar lebih banyak ketika diiris.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua, terutama ibu-ibu atau para wanita yang sedang belajar memasak ataupun untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam memasak.

0 Response to "7 CARA MEMOTONG BAWANG TANPA PEDIH DIMATA"

Posting Komentar