6 Cara jitu Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada seseorang yakni mengalami kesulitan untuk tidur. Biasanya ketika bangun, badan akan terasa sakit, ya mungkin karena jam terbang untuk tidur berkurang sehingga menimbulkan dampak yang kurang baik pada tubuh. Hal yang demikian terjadi karena beberapa sebab, seperti sedang mengalami kondisi emosional yang kurang baik, ada permasalahan fisik, atau pemakaian obat -obatan. 

6 Cara jitu Mengatasi Insomnia

Pada saat itu pula terjadi gangguan kecemasan, gangguan stress, gelisah dan lain sebagainya yang selalu berdampingan dengan kesulitan untuk tidur. Insomnia bisa terjadi pada siapa saja, tidak memandang usia baik muda maupun dewasa. 

Berikut hal - hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi imsomnia :

1.Membaca Buku Ketika Mau Tidur

Membaca buku pada saat hendak tidur akan membantu anda untuk segera tidur terutama ketika anda mulai lelah membaca buku, saya yakin pasti anda mengantuk dan akan tertidur dengan sendirinya. Selain dapat membuat anda cepat tidur anda akan mendapatkan ilmu dari membaca buku tersebut dan biasanya ilmu yang baru diserap sebelum tidur itu akan tersimpan dalam memori otak cukup bagus. Jadi anda mendapat dua manfaat.

2.Mengatur Jadwal Tidur

Sebaiknya anda mengatur jadwal tidur anda kurang lebih 5 sampai 10 menit sebelum tidur dan anda harus komitmen juga untuk hal itu, jika anda sudah mengatur jam untuk tidur ya anda harus mampu melaksanakan jangan ditunda  tunda lagi untuk segera tidur.

3.Rileksasikan Pikiran

Anda terutama yang hoby mendengarkan musik bisa mendengarkan musik sebelum tidur sebagai lagu pengantar tidur. Dengan demikian pikiran anda akan rileks terbawa alunan musik kesayangan dan akhirnya anda akan cepat tertidur.

4.Hindari Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein sama halnya konsumsi nikotin, intinya sama negatifnya dampak yang diakibatkan. Sehingga jika anda konsumsi kafein anda kemungkinan besar akan susah tidur.

5.Mandilah Menggunakan Air Hangat

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh terasa nyaman, mampu melemaskan otot  otot yang tegang selama seharian sehingga hal tesrsebut akan membantu anda untuk segera tidur karena tubuh anda sudah merasa nyaman karena kehangatan air tersebut.

6.Mematikan Cahaya 

Ketika anda hendak tidur segera matikan segala sumber cahaya yang ada disekeliling anda, karena cahaya akan menghambat proses produksi dari hormon melatonin yang memiliki pengaruh terhadap adanya masalah kesulitan untuk tidur. Jika anda ingin cepat tidur sebaiknya coba saja langkah tersebut.

Nah, begitulah beberapa langkah untuk membuat anda agar tidak mengalami insomnia lagi. Jadi tidur anda akan kembali efektif 6 hingga 8 jam nomal. Namun anda dianjurkan agar tidak menggunakan obat tidur karena sangat berbahaya jika tidak sesuai dengan anjuran dokter. Ikuti saja langakah diatas pilih beberapa cara yang sekiranya cocok dengan anda dan langsung terapkan. Hidup sehat dengan tidur yag efektif pula. 


0 Response to "6 Cara jitu Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar