5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik

Kuku menjadi bagian tubuh yang sering terlupakan dalam perawatannya. Padahal kuku sama dengan anggota tubuh lainnya seperti rambut yang harus dijaga kesehatan dan kecantikannya. Kuku pada setiap orang tidaklah sama. Ada yang memiliki kuku kuat, rapuh, kusam, kering, dan mengkilat. Banyak hal sederhana dalam merawat kuku. 

5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik


lalu bagaimana 5 tips merawat kuku tetap cantik? Simak berikut ini.

1.Gunakan Pelembab Kuku


5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik

Menjaga kelembaban dalam kuku mengindari dari efek rapuh. Tidak perlu membeli yang mahal, anda cukup menggunakan minyak zaitun; petroleum jelly; dan handbody. Pertama, rendamlah kuku dengan campuran minyak zaitun dan air hangat selama 15 menit. Minyak zaitun berfungsi melembabkan sekaligus memperkuat kuku. 

Kedua, oleskan petroleum jelly setiap malam sebelum tidur. Petroleum jelly akan membuat kuku berkilau dan kelihatan cantik. Hal yang sama dilakukan pada cara ketiga, yaitu mengoleskan handbody ke bagian tangan, jari- jari, dan kuku. Handbody tidak hanya melembabkan badan saja, namun juga melembabkan kuku. Lakukan tiga hal ini secara rutin untuk rawat kuku tetap cantik. 

2.Jauhkan dari Bahan Kimia


5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik

Melakukan aktivitas sehari- hari memang tidak lepas dari debu dan bahan kimia. Aktivitas seperti mencuci piring, berkebun seringkali bersentuhan dengan bahan kimia dan panas matahari. Usahakan untuk memakai sarung tangan berbahan karet. Hal kecil ini akan meminimalisir kerusakan kuku sekaligus menjadi cara rawat kuku tetap cantik.


3.Konsumsi Vitamin B


5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik


Vitamin B mempunyai banyak manfaat bagi tubuh salah satunya untuk kesehatan kuku. Perbaharuan kuku yang terus menerus harus diimbangi dengan asupan vitamin B (vitamin B1, B2, B3, B5, B7, B9, B12, dan Kolin). Kekurangan vitamin B mengakibatkan kuku rapuh, kering, kusam, dan kuku mudah pecah.
Namun perlu dijaga kadarnya juga. Karena kelebihan vitamin B juga menimbulkan efek samping seperti asam urat, kadar gula tinggi, penyakit jantung, penyakit liver, dan masalah pencernaan lainnya (mual, gangguan penglihatan, maag akut, muntah).

4.Manicure dan Pedicure


5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik

Pertumbuhan kuku tangan empat kali lebih pesat dibandingkan kuku kaki. Bakteri akan lebih mudah masuk lewat kuku yang panjang. Oleh karena itu, untuk merawat kuku tetap cantik potonglah dengan satu arah. Jangan memotong terlalu pendek karena akan melukai kuku dalam. Jika menginginkan kuku panjang, seringlah membersihkan kotoran di sela- sela kuku.Jika perlu lapisi kuku Anda dengan nail polish. Sebelum tidur, bersihkan sisa nail polish dengan asetat. Jangan gunakan aseton karena membuat kuku kering. Anda bisa sekaligus berkreasi dan mempercantik kuku dengan nail polish.

5.Jangan Lupa Konsumsi Air Putih


5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik

Hal terpenting dalam rawat kuku tetap cantik yaitu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih akan melancarkan sirkulasi dalam tubuh, melembabkan kulit, dan tentunya menjaga kulit tetap cantik serta sehat.

Itulah 5 tips rawat kuku tetap cantik. Sederhana bukan?

0 Response to "5 Tips Rawat Kuku Tetap Cantik"

Posting Komentar