Apa sih gangguan pendengaran dan apakah kita termasuk di dalamnya

Pendengaran merupakan salah satu komponen panca indra dalam organ tubuh kita. Seperti yang kita ketahui dalam ilmu ilmiahnya kita dapat mendengar gelombang suara karena getaran gelombang suara dapat di tangkap oleh gendang telinga kita. Begitu seterusnya perjalanan kita dapat mendengar di seumur hidup kita. 

Apa sih gangguan pendengaran dan apakah kita termasuk di dalamnya

Pernahkah Anda mengetahui atau bahkan mengalami sendiri seiring bertambahnya usia kemampuan mendengar semakin menurun, dan Anda sendiri menganggapnya itu sebuah hal wajar atau bahkan sebuah siklus wajib bagi setiap orang yang mengalami masa tua, tanpa mengetahui dasar sebenarnya apa yang menyebabkan lansia memiliki kemampuan mendengar yang semakin menurun.

Berkurangnya kemampuan mendengar seiring usia yang semakin bertambah disebut Presbycusis. Penyebab dari penyakit ini sebenarnya belum diketahui secara pasti. Tetapi dugaan menyatakan adanya perubahan fisiologis di dalam telinga dengan alasan semakin tua seseorang, degradasi dari saraf-saraf yang ada di telinga yang ada hubungannya dengan otak atau terjadi kekurangan aliran darah ke dalam telinga. 

Sebenarnya proses yang demikian tidak terjadi secara terus menerus atau sepanjang waktu, tetapi terus memberat karena adanya suara keras, lukanya pada organ dalam telinga, faktor genetik, atau adanya infeksi pada telinga hingga kronis. 

Suara keras dapat terjadi di dalam ruangan antara lain bisingnya tempat kerja apabila ada di posisi proses produksi. Selain itu suara keras juga dapat terjadi di luar ruangan, misalnya apabila tempat tinggal yang dimiliki dekat dengan klub hiburan atau disko, bandara, stasiun, atau terminal. Adanya suara bising dapat terjadi eksplsosif atau bisa disebut dengan kronis.

Untuk pengebotan penderita Presbycusis dapat diatasi dengan alat bantu dengar. Alat bantu ini wujudnya seperti televisi infrared atau senter/flashlight yang akan menyala ketika ada rangsangan suara yang masuk. 
Tetapi harga alat bantu dengar ini masih terhitung mahal untuk lansia yang tentunya kebanyakan dari mereka telah pensiun. Sehingga alat bantu dengar yang digunakan tidak sejajar beratnya gangguan pada pendengaran yang terjadi. 

Prosentase penggunaan alat bantu ini biasanya sesuai dengan tingkat sosial ekonomi dari penderita itu sendiri khususnya lansia. Cara termudah agar dapat terhindar atau bebas dari gangguan pendengaran yaitu dengan deteksi dari awal atau sedini mungkin dan mencegahnya.

Dalam hal deteksi awal atau deteksi dini penyakit Presbycusis kita dapat check ketika kita menerima telepon dan tidak dapat mengikuti pembicaraan secara jelas, namun bukan karena signal yang jelek. Daripada telepon lebih nyaman jika dapat berkomunikasi secara langsung karena bisa melihat gerak bibir yang terucap, atau sering ada teguran jika menyetel TV dengan volume yang keras, padahal si penegur menganggap volumenya melebihi batas normal dan diri Anda menganggapnya itu volume dengan frekuensi normal.

Untuk mencegah gangguan pendengaran ini atau Presbycusis secara berkala melakukan pemeriksaan audiogram. Tetapi kita belum dapat menuntut atau memaksa pemerintah agar dapat memberikan pelayanan pada pemeriksaan audiogram setiap tahun atau 3 tahun di negara berkembang. 

Namun paling tidak jika sudah merasa mengalami gangguan pendengaran saat berkomunikasi seharusnya secepatnya waspada dan segera ke dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan) untuk dilakukan pemeriksaan. Dan tentunya akan dilakukan perlindungan suara bising seperti pemakaian earplug. 
Earplug merupakan alat pelindung pendengaran jika bekerja di tempat yang bising atau bertempat tinggal yang berisiko, regulasi pada tekanan darah, perilaku pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras, memenuhi kebutuhan gizi seimbang, istirahat atau jadwal tidur yang cukup.

Gejala-gejala kecil yang terjadi dalam pendengaran jangan terlalu dianggap remeh, karena dapat menyebabkan efek Presbycusis yang besar. Itu semua nantinya akan berefek pada kualitas hidup lansia menjadi semakin menurun karena menjadi stress kemudian frustasi dan mengasingkan diri lalu merasa kesepian.Ada yang menyatakan dalam beberapa penelitian gangguan pendengaran ini atau Presbycusis dapat menyebabkan gangguan saat bicara bahkan ada juga yang menganggap merupakan tahap awal kondisi kesehatan tubuh mulai memburuk. 

Pada dasarnya hanya diri sendiri yang paling mengerti kapan sata-saat tubuh sudah mulai melemah dan kapan saat-saat tubuh sudah membaik kembali. Kesehatan lebih penting dari segalanya.

0 Response to "Apa sih gangguan pendengaran dan apakah kita termasuk di dalamnya"

Posting Komentar