Menjelajah Kawah Putih, Ciwidey Bandung

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di kabupaten Bandung (Jawa Barat). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, yaitu Ciwi yang berarti buah kiwi, dan Dey yang berarti hari. Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan.

Menjelajah Kawah Putih, Ciwidey Bandung

Kawah putih teretak di Jln Raya Soreang, Ciwidey, sekitar 25 km dari Bandung. Kawah putih merupakan salah satu tempat favorit para turis yang berkunjung ke Bandung. Asal tahu saja, Kawah Putih merupakan danau hasil dari letusan gunung Patuha loh! Disana, kita bisa melihat pemandangan yang tidak biasa, yang jarang ditemukan di tempat lain. 

Pemandangan disana benar-benar menakjubkan, air di danau kawah bisa berubah warna. Hal itu terjadi karena apabila cahaya matahari mengenai danau kawah, maka air di danau kawah akan berubah warna menjadi putih kecoklatan. Kawah vulkanik ini mempunyai tanah yang berwarna putih. Warna putih ini disebabkan karena didalam tanahnya terdapat kandungan belerang. Selain itu, udara di kawah putih benar-benar sejuk loh! Suhunya saja bisa mencapai 8 sampai 22 derajat celcius.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp15.000,-/orang untuk wisatawan lokal, dan Rp30.000,-/orang untuk wisatawan mancanegara. Kawah putih merupakan tempat wisata yang buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Untuk menuju puncak kawah putih dari pintu gerbang bisa menggunakan ontang-anting yang merogoh kocek sebesar Rp10.000,- Namun, harga bisa berubah sewaktu-waktu, seperti pada saat hari libur panjang.

Fasilitas yang ada di Kawah Putih itu sendiri antara lain, mushola, tempat parkir, kendaraan menuju kawah. Jika para wisatawan haus dan tidak membawa minum ataupun bekal, para wisatawan bisa membelinya di warung-warung yang banyak berjejeran.

Jika wisatawan berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan tersebut bisa diparkirkan di dua tempat yaitu di tempat parkir atas dan bawah. Di tempat parkir atas, letaknya dekat dengan lokasi kawah, sehingga tak perlu membayar tarif ontang-anting, untuk tarif roda empat tarifnya Rp150.000,- Sedangkan untuk parkir bawah, tarif untuk roda dua sebesar Ro5.000,- dan roda empat Rp6.000,-

0 Response to "Menjelajah Kawah Putih, Ciwidey Bandung"

Posting Komentar