6 Tips Rumah Steril Akibat Banjir

Datangnya hujan tidak jarang menyebabkan banjir. Banjir datang karena tersumbatnya saluran air dan ditambah air hujan yang meluap. Datangnya banjir menyebabkan kerugian jiwa maupun material. Air yang datang karena banjir mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Lalu bagaimana cara kita mengatasi hal tersebut? 


Berikut tips rumah steril setelah banjir:

1.Bersihkan Rumah dengan air bersih

Gunakan bantuan kran dan selang kran. Pertama- tama ketika air sudah surut, keluarkan sisa- sisa lumpur dan air kotor menggunakan sapu ijuk. Kedua, nyalakan kran dan alirkan air bersih sambil menyapu air ke luar rumah. Setelah lantai bersih, barulah anda bisa mengepel untuk menciptakan rumah steril akibat banjir. 

2.Tata ulang perabotan

Memindahkan perabotan kemudian mengeringkannya merupakan tips kedua rumah steril akibat banjir. Bersihkan perabotan rumah anda dengan cairan antiseptik untuk mencegah berkembangnya jamur dan bakteri akibat banjir. Kelompokkan benda yang rapuh dan yang kuat.

3.Hindari kontak fisik dengan air kotor

Lindungi tubuh anda dari kontak fisik secara langsung dengan sisa- sisa air kotor. Gunakan sarung tangan, masker, kacamata, dan sepatu boot. Kontak langsung dengan air sisa banjir akan menyebabkan gatal- gatal. Jangan menggunakan campuran cairan kimia ketika mensterilkan rumah akibat banjir karena reaksinya berbahaya untuk kulit kita.

4.Buang barang tak terpakai

Membuang barang yang sudah rusak atau sekiranya sudah tidak diperlukan lagi menjadi salah satu cara untuk rumah steril akibat banjir. Karena menyimpan barang yang sudah tercampur air banjir tentu saja menjadi sarang penyakit.

5.Jauhkan kontak dari generator listrik

Kendala yang sering terjadi ketika banjir adalah terputusnya aliran listrik. Cara yang efektif untuk penerangan sementara adalah generator. Namun, untuk menghindari konslet letakkan generator di luar rumah dan jauhkan dari genangan air. Air yang kontak dengan listrik akan menimbulkan kebakaran.

6.Renew perabotan lama

Jika anda keberatan membuang perabotan lama akibat banjr, anda bisa memperbarui dengan mengecatnya kembali dengan warna- warna yang menarik. Untuk barang ringan seperti karpet dan kasur, anda bisa mencucinya bolak- balik dengan menyikat searah. Jangan lupa beri pewangi dan cairan disinfektan.

0 Response to "6 Tips Rumah Steril Akibat Banjir"

Posting Komentar