6 MANFAAT YANG DAPAT DIPEROLEH DARI KULIT PISANG

Semua orang pasti mengenal buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang paling digemari oleh masyarakat karena memiliki banyak nutrisi bagi tubuh seperti karbohidrat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan lain-lain. Selain itu, buah pisang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah, sumber energi, meningkatkan fungsi saraf dan kekuatan otak, mencegah kanker, dan masih banyak lainnya.


Pisang dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat. Namun tahukah anda, bukan hanya daging pisang saja yang memiliki berbagai manfaat tetapi kulit pisang juga memiliki berbagai manfaat yang tak kalah banyak dengan daging buah pisang. Berikut ini adalah 6 manfaat yang dapat diperoleh dari kulit pisang:

1.Mengobati gigitan nyamuk

Kulit pisang dapat dijadikan sebagai pengganti minyak-minyakan untuk mengatasi bengkak pada kulit akibat gigitan nyamuk. Caranya adalah dengan memotong kulit pisang dalam ukuran kecil-kecil kemudian ditempelkan pada kulit. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Atau bisa juga dengan menggosokkan langsung bagian dalam kulit pisang ke bagian kulit yang bengkak lalu dibilas dengan air bersih.

2.Mengatasi kulit wajah yang berminyak

Salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak adalah dengan menggunakan kulit pisang. Hal yang perlu anda lakukan adalah mencampur kulit pisang dengan air perasan jeruk lemon yang kemudian digunakan sebagai masker untuk wajah yang berminyak.

3.Menghilangkan jerawat

Selain untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, kulit pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Ambillah kulit pisang segar yang masih berwarna kuning lalu gosokkan pada kulit wajah. Apabila kulit pisang menghitam, gantilah dengan kulit pisang yang baru. Terus ulangi selama 10 menit kemudian dibiarkan selama 30 menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih. Lakukanlah cara ini minimal satu kali dalam sehari hingga kulit wajah bersih dari jerawat.

4.Memutihkan gigi

Di dalam kulit pisang terdapat kandungan magnesium, mangan, dan potassium sehingga dapat memutihkan lapisan email pada gigi. Gosokkanlah bagian dalam kulit pisang ke gigi anda dengan gerakan melingkar selama 5 menit lalu bersihkan dengan menggosok gigi. Ulangi cara ini selama 2 minggu sehingga anda dapat memperoleh hasil yang maksimal.

5.Membantu penyembuhan luka

Kulit pisang juga memiliki manfaat untuk membantu penyembuhan luka pada kulit. Caranya adalah memotong kulit pisang dengan ukuran sekitar 1 x 1 cm kemudian tempelkan kulit pisang tersebut bersama plester luka pada bagian kulit yang mengalami luka.

6.Pengganti semir sepatu

Tak hanya bagi tubuh, kulit pisang juga dapat membuat sepatu lama yang sudah kusam menjadi mengkilap seperti pertama kali dibeli. Cukup dengan menggosokkan kulit pisnag pada sepatu anda maka sepatu anda akan kembali mengkilap seperti semula.

Ternyata ada begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit pisang yang termasuk ke dalam kategori limbah. Apabila di kemudian hari anda memakan pisang, janganlah membuang kulitnya karena seperti yang sudah anda ketahui, kulit pisang memiliki segudang manfaat bagi anda.

0 Response to "6 MANFAAT YANG DAPAT DIPEROLEH DARI KULIT PISANG"

Posting Komentar