MANFAAT MINYAK ZAITUN YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA

Sebelum kalian memasuki pembahasan tentang manfaat minyak zaitun, inilah klasiikasi tanaman zaitun : kingdom : Plantae Divisio : Spermatophyta Subdivisio : Angiospermae classis : Dicotyledonae Ordo : Lamiales Familia : Oleaceae Genus : Olea Species : Olea Europaea


Tahukah kalian apa minyak zaitun itu? Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang berasal dari pohon zaitun. Minyak zaitun dapat tumbuh hingga 50 meter dan hidupnya ada yang sampai berumur 500 tahun. Pada umumnya, minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan masakan, kosmetik, obat herbal dan sebagai bahan bakar lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangatlah banyak bagi kesehatan karena memiliki lemak tak jenuh yang tinggi. Kandungan lain yang terdapat pada minyak zaitun adalah vitamin E. khasiat minyak zaitun sudah tidak di ragukan lagi.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sebagai berikut:

1. Merawat kulit, karena minyak zaitun terkenal ampuh untuk membuat kulit kita menjadi lebih segar, kencang dan lembut.

2. Mengangkat kotoran pada wajah, jika kalian yang sering beraktifitas di luar ruangan sebaiknya kalian memakai minyak zaitun sehabis beraktifitas di luar ruangan. Pakailah minyak zaitun secara rutin agar khasiatnya lebih terasa.

3. Merawat rambut, kalian dapat mencampurinya dengan madu. Para ahli di bidang kecantikan telah mempercayai khasiat minyak zaitun, karena minyak zaitun terbuat dari bahan herbal yang dapat merawat kerusakan pada rambut. Merawat rambut dengan memakai minyak zaitun dapat mengembangkan rambut, memanjangkan rambut, merawat rambut yang rontok.

Catatan *) dengan cara digunakan pada bagian luar saja.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sebagai berikut :

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

2. Membunuh sel kanker

3. Menjaga kepadatan tulang dan kekuatan tulang

4. Menurunkan kadar glukosa pada darah

5. Bagi seorang ibu menyusui, sangat baik karena meningkatkan kualitas ASI

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat.

Catatan *) dengan cara diminum.

Ini merupakan kandungan ilmiah minyak zaitun

1. Squalene, minyak zaitun memiliki squalene yang tertinggi di antara minyak nabati lainnya. Squalene adalah cairan eterorganik yang sangat bermanfaat bagi imun manusia. Squalene merupakan bahan baku insulin bagi penderita diabetes.

2. Zat besi, kandungan zat besi pada minyak zaitun tidak tinggi, namun minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam sayuran yang memilik zat besi tinggi. Jika kalian mengkonsumsi zat besi, maka kalian harus imbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

3. Kalsium, kandungan kalsium pada minyak zaitun tidak tinggi, kalian dapat mencampurkan pada makanan yang memiliki kadar kalsium yang tinggi. Kalsium baik untuk pembentukan tulang, gigi, dan membantu kelancaran kinerja system syaraf dan otak.

4. Potassium, walau kandungan potassium pada minyak zaitun berjumlah sedikit, tetapi manfaatnya cukup baik yaitu untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal atau stabil, untuk mengubah gula menjadi energy dan membantu mengeluarkan sodium yang terdapat di dalam tubuh.

5. Polifenol, anti oksidan yang bernama polifenol memiliki kadar yang tinggi pada minyak zaitun. Pada umumnya, jika polifenol memiliki kadar yang lebih tinggi biasanya akan mengalami perubahan rasa yang menjadi lebih pahit.

*Itulah seputar info tentang manfaat dan kandungan minyak zaitun, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.SELAMAT MENCOBA!!!!! 

0 Response to "MANFAAT MINYAK ZAITUN YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA"

Posting Komentar