Dampak Negatif Memanjakan Anak

Sebagai orang tua, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda. Namun jangan sampai memanjakan anak secara berlebihan, karena akan memberikan efek buruk bagi mereka.
Memanjakan anak secara berlebihan akan membuat rasa sosialisasi anak tidak tumbuh dengan baik. Semua diakibatkan  anak selalu menempel dan merengek pada orang tuanya. Anak menjadi ketergantungan yang berlebih pada orang tuanya, sehingga anak tidak dapat ditinggalkan dan harus ikut dengan orang tua. Hal tersebut membuat anak memiliki teman bermain.

Dampak negatif terlalu memanjakan anak.

Anak yang dimanja juga akan hanya akan menjadi anak pemalas dan tidak mau melakukan suatu pekerjaan yang diminta. Apalagi keinginan anak selalu Sehingga anak tidak mau melakukan sesuatu yang diminta, ketergantungan pada orang lain, dan menjadi tidak mandiri.

Anak yang manja akan menangis dan merengek jika apa yang dimaunya tidak dipenuhi, mereka akan memnjadi anak pembangkang apabila diperintah. Mereka berpikir bisa mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan dengan merengek.

Anak yang terlalu dimanjakan juga akan kesulitan berkawan dengan anak lain karena ketergantungan mereka pada orang tua. Anak cenderung tida memiliki rasa empati dan simpati kepada sesama, dan asyik dengan dunianya sendiri bersama dengan orang tua.

Oleh karena itu, para orangtua harus berhati-hati dalam memanjakan anak. Anak biasanya diberikan perhatian lebih atau dimanjakan dengan berbagai cara, seperti:

1. Memenuhi segala keinginan si anak.

2. Membiarkan anak meminta sesuatu tanpa perlu melakukan sesuatu.

3. Memberikan pertolongan atau bantuan 24 jam untuk si anak, sehingga anak berpikir selalu dilindungi

Banyak orang beranggapan bahwa anak yang dimanjakan hanya berasal dari keluarga kaya. Sebenarnya, dalam hal memanjakan anak tidak dilihat dari kasta atau kaya miskinnya mereka berasal. Hal ini lebih kepada oleh wawasan yang diajarkan kepada anak. Sehingga membentuk pribadi anak yang sesungguhnya, baik itu benar atau salah.

Oleh sebab itu peran sebagai orang tua harus disesuaikan dengan porsinya, mana yang pantas diberikan kepada anak dan mana yang tidak pantas diberikan kepada anak. Biarkan anak tumbuh kembang seseuai dengan stepnya Jika saatnya untuk anak bergaul dengan lingkungannya biarkan ia bergaul dan cukup awasi mereka dari kejauhan. 

Biasakan anak anda melakukan sendiri yang bisa ia lakukan dan beri pengertian pada anak untuk mendapatkan segala sesuatu dengan tolong dan lakukan sendiri jika ia mampu.Biarkan anak mendapatkan perhatian sewajarnya, dan ajarkan hal-hal positif pada anak. Karena anak berkembang dan tumbuh sesuai dengan lingkungannya.

0 Response to "Dampak Negatif Memanjakan Anak"

Posting Komentar