8 Manfaat Besar Konsumsi Tempe

Tempe adalah makanan luar biasa yang sering dianggap murah dan biasa saja. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang tak pernah melihat keistimewaan tempe. Tempe sendiri adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang sudah difermentasi. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tempe juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan..

8 Manfaat Besar Konsumsi Tempe

1. Meningkatkan Stamina 

Tubuh Tempe kedelai memiliki antioksidan yang cukup besar. Antioksidan inilah yang memiliki peran dalam meningkatkan stamina tubuh sehingga kita pun mampu bertahan dari berbagai macam penyakit.  

2. Mengobati Anemia

Tempe kedelai inu juga mengandung berbagai macam mineral yang sangat berkhasiat untuk tubuh kita antara lain yaitu zat besi, tembaga, vitamin B12 dan juga asam folat. Berbagai macam mineral tersebut amat besar perannya dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga hal ini mampu mengobati penyakit anemia.  

3. Mampu Mengobati Penyakit Disentri 

Dengan rutin makan tempe kedelai anda bisa menyembuhkan penyakit disentri yang anda miliki. Hal ini disebabkan  jamur rhizopus yang terdapat pada tempe kedelai mampu membantu memproduksi zat antibiotik yang bisa melawan organisme buruk yang terbawa masuk kedalam raga bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi.  

4. Baik Bagi Penderita Diabetes 

Tempe kedelai juga aman dan baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan tempe kedelai yang mengandung protein nabati yang juga berperan dalam menjaga kandungan kadar gula dalam darah untuk tetap normal.  

5. Mengobati Gangguan Pencernaan 

Tempe kedelai juga amat baik untuk menobati gangguan pada pencernaan. Hal ini disebabkan tempe yang telah difermentasi dengan jamur rhizopus menimbulkan kedelai yang terdapat pada tempe kedelai mempunyai tekstur yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dalam  tubuh.  

6. Mengatasi Kanker 

Tempe kedelai juga berkhasiat untuk mengatasi kanker. Hal ini disebabkan oleh serat yang dimiliki pada tempe kedelai mampu mengikat racun dan kolesterol yang menyebabkan  kanker juga membuangnya dari tubuh sehingga toksin yang sudah terikat tidak dapat merusak sel-sel pada tubuh.  

7. Menstabilkan Jantung 

Tempe juga dapat memiliki peran untuk menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan karena tempe kedelai memiliki kandungan protein nabati yang mampu menaikkan kadar kolesterol baik juga menurunkan kolesterol buruk penyebab tersumbatnya pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya stroke dan serangan jantung.

8. Aman untuk Semua Kalangan Usia  

Mudah dicerna oleh semua kelompok umur, dari bayi sampai usia lanjut. Enzim pencernaan pun akan dihasilkan oleh Rhizopus oligosporus selama proses fermentasi berlangsung, itulah yang membuat tempe lebih nyaman di lambung.

Itulah beberapa manfaat dari tempe kedelai. Semoga artikel Manfaat Besar Konsumsi Tempe di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "8 Manfaat Besar Konsumsi Tempe"

Posting Komentar