5 Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan

5 Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan.Mungkin bagi beberapa orang minum secangkir kopi adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan di setiap aktivitas harian. Begitu banyak alasan yang dikemukakan untuk meminum kopi, seperti mengusir rasa kantuk, menambah stamina, dan berbagai macam alasan lainnya. Minum kopi dalam batas wajar memang tidak membahayakan. Tetapi, apabila minum kopi secara berlebih akan dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

5 Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan

Lalu, apa saja dampak buruk dari minum kopi lainnya, Berikut ulasannya:

1.Pengeroposan Tulang (osteoporosis)

Minum kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan jumlah kalsium merahkeluar dalam urine. Dan bisa melemahkan tulang. Jika Anda memiliki tulang yang rapuh, batasi minum kopi Anda sekitar 2 cangkir perhari. Konsumsi suplemen kalsium dapat membantu menguatkan tulang Anda. Wanita yang memiliki kondisi tulang rapuh atau menopause, harus waspada saat menggunakan kafein.

2.Menyebabkan serangan jantung dan stroke

Minum kopi dengan berlebihan bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ini disebabkan, meminum kopi secara berlebihan akan meningkatkan kadar trigliserida, kolesterol tinggi pada tubuh serta darah akan lebih pekat. Hal inilah yang menyebabkan lemak menimbun, penyempitan pembuluh dara yang dapat menyebabkan stroke dan sakit jantung

3.INSOMNIA

Sebagian orang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi kopi akan dapat menahan rasa kantuk. Tapu justru hal itulah yang tidak baik dilakukan untuk kesehatan. Ini disebabkan, minum kopi dapat menyebabkan Anda menjadi sulit untuk tidur dan dapat memicu timbulnya kanker.

4.DEPRESI 

Kandungan kafein yang dihasilkan pada kopi yang amat tinggi akan menimbulkan depresi dan menyebabkan mood turun. Peningkatan kafein pada kopi ini memberikan pengaruh produksi dpamine dan menyebabkan ketergantungan yang sangat tinggi pada kafein. Sehingga banyak orang yang sudah dirasa sulit ketika harus meninggalkan kebiasaan minum kopi karena adanya peningkatan kafein tersebut. Namun, apabila Anda belum mencicipi kopi maka dpamine akan turun sehingga tidak akan timbul rasa amarah, sedih, serta depresi
Gangguan tukak lambung atau asam lambung.
Biasanya penderita penyakit ini mengalami nyeri pada bagian dalam tubuh seperti, nyeri ulu hati, mual-mula dan sebagainya.

Faktanya, masih banyak lagi akibat minum kopi secara berlebihan, diantaranya:

Tekanan darah tinggi 
Gangguan kecemasan 
Gangguan perdarahan 
Penyakit jantung 
Diabetes 
Diare 

Jadi , ada baiknya minumlah kopi dalam batas wajar antara 1-2 kali saja sehari, jangan lebih dari itu. Karena dengan mengkonsumsi kafein secara berlebih, tidak hanya membuat Anda jatuh sakit namun juga menyebabkan kerugian lainnya seperti gigi kuning, dan timbulnya nafas tak sedap. Oleh karena itu, kurangi kadar kopi yang biasa Anda minum secara berlebih untuk mengantisipasi kerugian yang dihasilkan dari kopi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jaga kesehatan Anda, dan tetap sehat selalu.

0 Response to "5 Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar