5 Aturan Minum yang Benar Untuk Minum Kopi

Kopi sudah cukup dekat bagi Anda yang tidak Suka tidur atau menahan rasa kantuk, bahkan untuk beberapa orang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi mereka setiap harinya untuk meminum kopi, bagi Anda yang setiap harinya rutin meminum kopi tentunya Anda sangat tahu jenis kopi dan berapa takaran kopi yang Anda sukai, dan bagi Anda yang baru mengawali untuk meminum kopi berikut ini kami berikan bantuan tentang aturan minum kopi yang baik supaya kopi tidak sampai menganggu kesehatan Anda.

5 Aturan Minum yang Benar Untuk Minum Kopi

1. Dilarang Minum Kopi sebelum jam 10 pagi 

Ini merupakan waktu yang tepat minum kopi yang benar.Perlu Anda ketahui, bahwa tubuh amat dipengaruhi oleh siklus hormone selama 24 jam yang atau biasa disebut dengan jam sirkadian, dimana ini merupakan mengontrol pengeluaran hormon kartisol.Hormon kartisol akan membuat tubuh lebih awas dan juga terjaga staminanya.Kadar kartisol akan mencapai puncaknya tiga kali selama sehari, yaitu antara jam 8 hingga jam 9 pagi. Waktu minum kopi yang benar dan terbaik ialah disaat hormon kartisol ini secara alami turun, yaitu setelah jam 10 pagi.Jadi, usahakan minum kopi setelah makan atau sarapan pagi.  

2. Mengontrol jumlah kadar kafein 

Selain itu, Anda juga harus tahu tentang batasan minum kopi dalam sehari, hal ini agar tidak terkena bahaya mengkonsumsi kopi setiap hari.Kurang lebih ada 400 mg kafein (setara dengan 2 cangkir kopi) sehari dianggap sebagai takaran yang paling aman bagi mayoritas sebagian orang dewasa.Apabila diminum lebih dari jumlah itu, maka hal tersebut dapat memicu tremor, sakit perut, jantung berdebar, serta insomnia. 

3. Cara Ampuh mengusir kantuk  

Apakah Anda termasuk orang yang sering ngantuk pada siang hari? Memang benar waktu setelah jam 12 siang merupakan waktu yang paling nyaman untuk tidur. Usahakanlah Anda meminum segelas kopi lalu tidur siang sebentar sekitar 15 menit.  Perlu Anda ketahui, bahwa kafein itu memerlukan waktu antara 20-25 menit sebelum memberikan efek bagi tubuh.  Jadi jika Anda tidur sekitar 15 menit maka setelah bangun Anda akan mendapatkan stamina dan  kondisi tubuh yang lebih segar.Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kombinasi antara kopi dan tidur siang itu jauh lebih efektif dibandingkan apabila melakukan salah satunya saja. 

4. Jangan cegah Manfaatnya

Aturan minum kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah jangan cegah manfaatnya.Memang, kopi ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita.Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bahwa para peminum kopi itu memiliki risiko lebih rendah terhadap kematian dini akibat penyakit jantung, stroke, diabetes, atau juga penyakit saraf. Namun, manfaat tersebut tidak akan kita dapatkan jika cara meminum kopi kita salah.  Kopi seringkali kita tambahkan berbagai makanan seperti dengan susu, gula, dan juga krim. Padahal, ketiga pemanis itu hanya menambahkan lemak dan kalori.Jika kopi hitam saja bukan favorit Anda, coba gunakan susu nabati seperti susu kedelai atau almond. Sebagai pemanis, gunakan kayu manis atau bubuk kacang. 

5. Pembangkit produktivitas

Kafein adalah stimulan. Suntikan energi yang Anda terima dari secangkir kopi hangat akan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Tapi, kopi tak akan membuat kita lebih kreatif.Itulah beberapa aturan minum kopi yang benar untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. 

0 Response to "5 Aturan Minum yang Benar Untuk Minum Kopi"

Posting Komentar