Awal Mula Terbentuk Sang PUSAMANIA

Apa itu Pusamania, tentu saja sebagai penggemar bola sudah banyak yang tau tentang Pusamania, Pusmania adalah julukan bagi suporter kesebelasan Persisam Putra Samarinda yang bermarkas di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pusamania memiliki warna kebanggaan yaitu jingga yang menjadi simbol keberaniannya dan menjadi warna kostum Persisam Samarinda.


Awal Mula Terbentuk Sang PUSAMANIA


Sejarah awal terbentuknya Pusamania berawal dari Bambang Nurdiansyah sang mantan pemain timnas yang bergabung dengan club sepak bola Putra Mahakam (PUMA) pada tahun 1994 saat kompetisi “Kodak Galatama”. Bambang terkejut  ternyata keramaian sepak bola mampu berkembang dengan pesat di kota kecil Samarinda. Dan pada tahun ini pula terjadi perubahan yang menakjubkan dari manajemen PS Putra Mahakam yang berganti nama menjadi PS Putra Samarinda.

Mulanya Bambang N besama tim manajer PS Putra Mahakam Suriansyah juga Tommy Ermanto berbagi pengalaman tentang suka duka sebagai pemain tim PS Pelita jaya atau The Coandos. 1994 lalu belum banyak suporter yang berdiri terorganisasi seperti sekarang ini, mgkn hanya bonek satu – satunya suporter yang exist namun tak terorganisasi seperti sekarang ini. Ada pula tim – tim besar seperti Persib Bandung, PSIS Semarang, PSM Ujung Pandang juga sudah memiliki tim suporter namun tidak sebesar ini dulu mereka hanya asal – asalan saja.

Yang menjadi pendongkrak terbentuknya suporter – suporter bola terorganisir adalah The Comandos. Sayangnya sekarang The Comandos justru tenggelam entah kemana. The Comandos memberikan inspirasi pada masa itu, pada masa kejayaannya. The comandos berfikir mengapa hal ini tidak bisa dibuat di samarinda, idenya itu di lemparkan saat berada di forum diskusi dan bagai gayung bersambut, gagasan itu pun di sambut baik oleh tim Pusamania, dan akhirnya dibentuklah suporter Persisam Putra Samarinda yang sampai sekarang menjadi pendukung dan penopang tim Persisam. Suporetr ini di beri nama PUSAMANIA yang merupakan kepanjangan dari PUTRA SAMARINDA MANIA.

Pada malam itu selain terbentuk nama suporter Pusamania juga terbentuk Sekolah Sepak Bola (SSB) sebagai pembentuk junior – junior dari Persisam. Tahun 1994 adalah tahun yang bersejarah bagi Persisam karena terbentuk 2 organisasi yaitu Pusamania dan SSB Sekolah Sepak Bola Samarinda.

Dukungan penuh juga di dapatkan dari petinggi sepak bola Kaltim yaitu H Harbiansyah H (Ketum Putra Samarinda), alm Lamtana (Sekum Pengda PSSI Kaltim). Bp HA Waris Husain (Wali Kota Samarinda pada masanya) mampu di bentuknya Pusamania dan SSB Pusam merupakan hal yang baru di Samarinda dan akan di sambut antusias oleh masyarakat. Petinggi – petinggi itu mengharapkan hal ini mampu menjadi terobosan baru bagi prestasi persepakbolaan Samarinda.
I
tulah sedikit ulasan tentang Awal Mula Terbentuk Sang PUSAMANIA, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

silahkan baca juga artikel tentang Awal Mula Berdirinya Bonek Mania

0 Response to "Awal Mula Terbentuk Sang PUSAMANIA"

Posting Komentar