7 Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik merupakan suatu tradisi yang biasa dilakukan setiap tahun dalam menyambut hari raya lebaran. Mudik salah satu kewajiban bagi sebagian besar orang untuk mengunjungi keluarga jauh dan merayakan lebaran bersama.

7 Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Sebelum mudik pastikan semua ruangan sudah terkunci, jika perlu gunakan kunci ganda untuk mencegah pencuri masuk

Mudik bersama keluarga jauh akan terasa menyenagkan apabila tidak ada sesuatu yang mengganjal pikiran. Biasanya saat mudik, pikiran yang terlintas pertama kali yaitu tentang rumah. Aman tidaknya rumah apabila ditinggalkan dan hal-hal negative lainnya yang bermunculan.

Lalu hal apa yang perlu dilakukan agar rumah tetap aman saat di tinggal mudik ?

1. Menyimpan benda berharga ditempat aman

Sebelum mudik, ada baiknya untuk memastikan benda berharga Anda di letakkan ditempat yang aman. Tidak dianjurkan untuk meninggalkan benda berharga di rumah atau diruangan yang akan ditinggal mudik. Jika Anda tak dapat membawa benda tersebut, Anda bisa mencoba untuk menitipkan benda tersebut kepada tetangga atau orang terdekat yang Anda kenal dan sedang tidak pergi kemana-mana.

2. Kunci semua ruangan 

Kunci semua ruangan dan pastikan semua ruangan sudah terkunci aman. Apabila ada kunci yang rusak dan tidak bisa dipakai untuk mengunci, sebaiknya perbaiki dulu kunci yang rusak tersebut hingga kunci bisa berfungsi kembali. Jika perlu Anda bisa menggunakan kunci ganda untuk mencegah resiko kunci rusak.

3. Pasang Kamera Pengintai

Tak ada salahnya jika Anda Memasang kamera pengintai yang bisa disambungkan ke gadget atau televise. Pastinya apabila Anda memiliki dana yang cukup dan sangat memerlukannya. Dengan menggunakan kamera pengintai apabila terjadi tindak pencurian maka Anda bisa memutar ulang rekaman kejadian sesuai dengan tanggal mudik..

4. Letakkan sandal atau sepatu di depan kamar atau rumah

Sebenarnya ini bukan sebagai alat keamanan, namun bisa digunakan untuk memperdaya pencuri yang masuk. Sehingga mereka akan ragu untuk memasuki rumah Anda.

5. Menyalakan radio dan lampu

Tujuannya menyalakan radio dan lampu di dalam rumah atau ruangan yaitu untuk mengecoh pencuri yang ingin masuk sehingga mereka menduga ada seseorang didalam rumah.Namun, harus diingat untuk tidak menyalakan radio dengan kencang karena akan mebuat bising dan mengganggu tetangga sekitar. Nyalakan dan volume rendah saja.

6. Jangan Sembarangan Meletakkan Kunci

Sebagian orang terkadang meletakkan kunci cadangan dibawah keset atau pot bunga. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, ada baiknya jika Anda mengambil kunci tersebut dan berikan pada tetangga untuk menitipkannya, dan mintalah sekalian untuk menengok rumah Anda sesekali.

7. Berdoa 

Jika kita berupaya dan meminta pertolongan Tuhan, niscaya hati akan lebih tenang saat meninggalkan rumah. Percayakan dan serahkanlah semuanya pada Tuhan. Mohonlah pada Tuhan untuk menjaga rumah Anda dari hal-hal yang buruk. Karena semua yang terjadi dan yang ada di bumi adalah kepunyaan-Nya.

Demikian Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik. Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda yang hendak  bepergian mudik. Ingatlah untuk selalu mengecek keadaan rumah Anda untuk memastikan bahwa semua sudah aman sehingga Anda tenang untuk pergi mudik.

0 Response to "7 Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik"

Posting Komentar