7 tips Mengendalikan Amarah Dengan Jitu

Marah seperti tidak luput dar kegiatan sehari-hari, semua manusia tentu  pernah melakukannya. Walaupun terlihat biasa, orang dengan sifat yang suka marah-marah akan memberi dampak buruk pada mental dan kesehatan, sebab dengan seseorang marah akan menekan kehidupan seseorang. Oleh karena itu anda perlu mengendalikan rasa marah anda.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa amarah yang besar, Seperti berikut ini :

1. Bicara sebenarnya 

Kemarahan bisa ditimbulkan akibat rasa kecea pada diri sendiri atau rasa kecewa kepada seseorang yang tidak mengerti keinginan seseorang. Oleh karena itu jauhi dari perkataan yang tidak baik. Sebab dengan bicara yang sebenarnya hati akan lebih lega dan anda bisa lebih tenang dan tidak emosi.

2. Cari Jalan keluar

Ketika situasi berjalan tidak seperti yang anda harapkan, cobalah untuk memikirkan solusinya, apakah keadaan tersebut bisa diperbaiki atau tidak. Carilah jalan keluar atas situasi yang sedang Anda alami. Jika memang masih bisa diperbaiki, ada baiknya  Anda berupaya untuk meemperbaikinya dibandingkan dengan marah tak jelas..

3. Rileks 

Jika anda dalam keadaan amarah memuncak, maka hal  pertama perlu dilakukan yaitu rileks, lalu ambil nafas  dalam-dalam dan keluarkan pelan-pelan dari mulut dan atau anda minum air untuk kepala lebih dingin.

4. Lakukan sesuatu dari marah 

anda Cobalah untuk mengalihkan perhatian anda dari rasa marah anda ketika sudah mulai kesal, anda bisa mengalihkan rasa marah anda dengan makan enak, atau pergi ke suatu tempat yang menenangkan.

5. Menulis 

Menulis juga berfungsi untuk mengendalikan emosi anda, tulislah semua uneg-uneg andadan  semua kekesalan yang anda tulis didalam buku anda akan tersalurkan dibanding anda memarahi seseorang atau marah pada diri sendiri.

6.Me Time

Manjakanlah diri anda sebentar untuk mengendalikan emosi, lakukan hal yang membuat anda tenang dan lebih nyaman.

7. Lakukan hobi

Jika keadaan yang tidak diinginkan terjadi, tidak bisa diperbaiki, maka anda harus mulai bangkit. Untuk mengendalikan amarah, Lakukan  hobi yang Anda sukai. Seperti mendengarkan musik, yoga, menulis, atau olahraga, teruji ampuh menghindari stress.

Demikian 7 tips mengendalikan amarah pada orang lain maupun pada diri sendiri. Ada baiknya jika anda harus lebih tenang dalam mengendalikan emosi anda. Agar lebih tenang menjalani hari.

0 Response to "7 tips Mengendalikan Amarah Dengan Jitu"

Posting Komentar