6 Cara Untuk Mulai Menabung

6 Cara Untuk Mulai Menabung.Yakin banget deh,  diantara Anda semua pasti ada yang masih belum memiliki tabungan. Gaji setiap bulan selalu habis untuk keperluan pribadi yanghabis entah kemana. Dan lebih parahnya lagi kebiasaan ini terus berlanjut setiap bulan. Padahal, sangat diwajibkan untuk memiliki tabungan berapa pun besaran gaji yang diterima setiap bulannya. Karena tabungan sangat berguna untuk kebutuhan saat tak terduga ataupun saat keadaan darurat. 

6 Cara Untuk Mulai Menabung


Mulai sekarang ada baiknya Anda melakukan 6 tips mulai menabung dibawah ini :

1. Ingat menabung

Ketika anda sering mengingat  hal ini. Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda dengan sangat hati-hati. Mana yang Anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan mana yang untuk menabung.

2. Lunasi hutang 

Sebelum Anda mulai bertekad untuk menabung, ada baiknya hutang yang masih belum terbayarkan, Anda lunasi terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa menabung dengan tenang, tanpa beban pikiran akan hutang diluar.    

3. Menetapkan tujuan 

Kalau untuk tujuan jangka waktu singkat seperti keinginan membeli smartphone atau laptop dan lain sebagainya, Anda terlebih harga gadget tersebut, lalu tetapkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mulai menabung. Lakukan ini secara konsisten setiap bulan. Sedangkan untuk tujuan jangka panjang, misalnya untuk menyiapkan dana pernikahan, kita harus melakukan perencanaan lebih banyak.   

4. Perkirakan pengeluaran  

Untuk menyiapkan tabungan, Anda harus memperkirakan terlebih dulu berapa besar 
Pengeluaran setiap minggu atau setiap bulannya. Kalau ingin keperluan tabungan yang lebih besar, menabung lah dengan jumlah yang sama  dan tetapkan setiap bulan                                                       

5.Buatlah catatan yang berisi pengeluaran dan pemasukan 

Biar anggaran lebih transparan, catat setiap pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Lakukan review terhadap pengeluaran Anda setiap minggunya. Dengan begitu, Anda jadi nisa memanage uang dengan hati-hati.

6. Berhenti menggunakan kartu kredit 

Kebiasaan seseorang, yaitu ketika barang yang diinginkan dan tak terlalu penting ingin dibeli dan uang cash tidak cukup, maka mereka berpikir gampang saja dengan menggunakan kartu kredit. Saat belanja, sebisa mungkin gunakan uang tunai. karena, pemakaian kartu kredit justru hanya membuat Anda jadilebih boros. Anda bisa gunakan kembali kartu kredit ketika Anda sudah mampu memanage keuangan. Jangan lupa untuk membayar tagihan dengan tepat waktu dan tidak melebihi batas yang sudah ditetapkan.

Menabunglah, jangan pedulikan berapa besaran nilainya.  

Buat target, dalam sehari anda ingin menabung berapa besarnya. Jika ada uang lebih saat belanja, sebaiknya Anda tabung. Nilai tidak akan menjadi masalah, asalkan anda niat dalam melakukannya. Pikirkan jika Anda menabung 5.000 Rupiah dalam sehari, dan kali-kan uangnya kalau setahun. Tabungan Anda menjadi makin banyak. Dan Anda bisa lebih hemat. Selamat menabung!

0 Response to "6 Cara Untuk Mulai Menabung"

Posting Komentar