Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan


PENYEBAB KESEMUTAN

1.KESEMUTAN SEBELAH BAGIAN (TANGAN ATAU KAKI)

Kesemutan bisa dibagi menjadi dua yaitu kesemutan sesaat dan kesemutan yang bertahan lama.

A.Kesemutan Sesaat

Kesemutan sesaat sering disebabkan oleh gangguan aliran darah yang menyuplai oksigen ke saraf bagian yang kesemutan (bisa tangan atau kaki). Kesemutan sesaat bisa hilang apabila tangan atau kaki terbebas dari tindihan.

B.Kesemutan yang Bertahan Lama

Kesemutan yang bertahan lama bisa disebabkan karena cedera pada saraf, saraf terjepit, atau stroke. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kesemutan yang berjangka panjang, yaitu :

1.Saraf terjepit

Terjadi ketika saraf terjepit pada terowongan di pergelangan tangan. Gejala yang ditimbulkan, yaitu kesemutan, nyeri pada tangan, ibu jari atau yang lainnya.

2.Trauma

Trauma seperti patah tulang akan mengakibatkan kesemutan pada jalur saraf yang terlibat, jika kerusakan terjadi pada saraf di lengan bawah, maka area dibawahnya akan mengalami kesemutan.

3.Tumor otak

Adanya massa atau tumor pada otak dapat membuat anggota tubuh mengalami kesemutan.

2.KESEMUTAN PADA KEDUA BAGIAN (TANGAN ATAU KAKI)

Jika bagian tubuh yang terkena kesemutan adalah kedua tangan, biasanya kedua kaki juga akan mengalami kesemutan. Kebanyakan terjadi karena adanya kerusakan saraf tepi. Kerusakan saraf tepi tersebut bisa disebabkan oleh penyakit atau gangguan yang bersifat sistemik. Penyakit tersebut yaitu :

1) Diabetes

Kencing manis dengan gula darah tinggi yang tak terkontrol akan menyebabkan kerusakan pada saraf perifer yang ditandai adanya kesemutan, dan kaki tangan terasa dingin.

2) Penyakit sistemik

Termasuk gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah dan penyakit darah, ketidakseimbangan hormon, kanker, dan tumor jinak yang menimpa pada saraf.

3) Kekurangan vitamin

Vitamin E, B1, B6, B12 sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat. Misalnya, apabila kekurangan vitamin B12, maka orang yang kekurangan vitamin tersebut dapat mengalami anemia pernisiosa, yang merupakan penyebab dari neuropati perifer, yang juga dapat menyebabkan kesemutan pada tangan dan kaki.

CARA MENGATASI KESEMUTAN

Cara mengatasi kesemutan bisa dengan cara menyembuhkan yang sesuai dengan penyebabnya dan dengan cara memiliki gaya hidup yang sehat, seperti :

1.Menjaga berat badan agar tetap ideal

2.Menghindari paparan racun

3.Menghindari atau bisa juga membatasi konsumsi alkohol

4.Berhenti merokok (rokok dapat menyebabkan penyempitan suplai darah ke pembuluh darah yang menyuplai nutrisi ke saraf perifer)

Kesemutan juga dapat di atasi dengan meminum obat, di antaranya :

1) Untuk kesemutan ringan bisa menggunakan Obat anti-inflamasi seperti aspirin atau ibuprofen.

2) Untuk kesemutan yang lebih berat, bisa menggunakan obat-obatan antidepresan seperti amitriptyline. Obat ini biasanya akan diberikan dengan dosis yang lebih rendah dalam mengatasi kesemutan, tidak seperti dosis untuk menghilangkan depresi.

3) Dalam kesemutan yang parah, opium seperti kodein dapat diresepkan sebagai obat kesemutan

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan"

Posting Komentar