Keunikan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung adalah sebuah tempat wisata yang terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene, Kepulauan Pangkep, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung biasa di singkat dengan TN Babul.Secara kewilayahan, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung berbatasan dengan beberapa wilayah. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru dan Kabupaten Bone. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros, dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Keunikan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Tempat wisata ini ditunjuk menjadi taman nasional pada tanggal 18 Oktober 2004 melalui Keputusan Menteri Kehutanan. Ketika pertama kali Anda datang ke sana, Anda akan disambut oleh sebuah patung kupu-kupu raksasa yang berada di gerbang masuk. Keren bukan? Selain itu, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung juga benar-benar unik loh.. Di sana terdapat berbagai tempat wisata, kebanyakan tempat wisata di sana adalah gua, baik Gua Alam maupun Gua Prasejarah.

Di TN Babul terdapat lebih dari 80 Gua Alam dan beberapa Gua Prasejarah. Selain itu, lokasi wisata ini juga memiliki dua buah gua yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata minat khusus. Kedua gua itu bernama Gua Batu dan Gua Mimpi.Oh iya, bagian dari tempat wisata ini yang tidak boleh dilewatkan adalah kupu-kupunya! Kupu-kupunya sangat banyak, beraneka ragam dan warna-warni.

Keunikan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Bahkan dahulu Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dijuluki oleh Alfred Russel Wallace (seorang ahli botani dari Inggris yang menemukan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung) sebagai The Kingdom of Butterfly yang berarti Kerajaan Kupu-Kupu. Di juluki seperti itu karena di taman nasional ini terdapat kurang lebih 250 jenis kupu-kupu.

Selain semua yang sudah disebutkan di atas, Taman Nasional ini juga menyuguhkan wisata alam berupa lembah dan bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, karst, stalaktit, stalakmit dan air terjun yang indah! Benar-benar indah bukan?Nah, di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung selain Anda bisa melihat kupu-kupu yang hidup dari kepompong sampai berubah menjadi kupu-kupu yang cantik, Anda juga bisa melihat koleksi kupu-kupu yang telah diwetkan juga. 

Tapi tak terhenti disitu saja karena Anda juga bisa berenang di kolam yang telah disediakan! Cukup asik bukan? Yang lebih asik dan lebih seru lagi, Anda bisa bermain flying fox di sana. Yakin pasti seru deh.. Benar-benar taman nasional yang cocok untuk Anda sekeluarga menghabiskan libur panjang bukan? Tentu.Untuk semua fasilitas yang telah di sediakan, semua orang hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000,00 per orang saja untuk mendapatkan tiket masuk. Tidak terlalu mahal untuk mendapatkan semua keunikan yang ada di TN Babul bukan?

0 Response to "Keunikan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung"

Posting Komentar