SEJARAH HADIRNYA AREMA (FC)

   Silsilah Arema pada Masa Kerajaan

Arema merupakan legenda zaman dahulu. Kidung Harsawijaya merupakan orang dibalik munculnya nama Arema, yang berkisah tentang Patih Kebo Arema di waktu Kerajaan Singosari dipimpin oleh Raja Kertanegara. Begitu banyak prestasi yang diraih oleh kebo Arema . Ia mengatasi perang yang dilakukan oleh Kelana Bhayangkara tertulis dalam Kidung Panji Wijayakrama sampai akhirnya seluruh pemberontak gugur satu persatu. Begitupun dengan  perang Cayaraja seperti tertulis di Kitab Kertanegara . Kebo Arema jugalah yang menjai kepercayaan politik ekpansif pada masa itu. Dibantu dengan rekannya, Mahisa Anengah, Kebo Arema berhasil menundukkan Kerajaan Pamalayu yang bertempat di Jambi. Kemudian mampu menguasai Selat Malaka. Legenda kepahlawanan Kebo Arema memang sudah tak terdengar. Namun aksi heroiknya menjadi legenda yang tak terbantahkan dan akan tetap ada.


   SEJARAH HADIRNYA AREMA (FC)
            
                         
Nama Arema ketika 80’an

Hingga akhirnya pada tahun1980-an hadir kembali nama Arema. Tak tahu sebabnya, mungkinkah nama itu merupakan nama yang diambil dari kebesaran Kebo Arema. Tentunya, Arema adalah wadah sebuah komunitas yang berasal dari Malang. Arema merupakan singkatan dari Arek Malang (Orang Malang). Arema lalu menjelma layaknya Sub Culture dengan identitas, simbol dan karakter yang kuat bagi masyarakat sekitar Malang. Dipercayai, Arek Malang mendirikan image dan eksistensinya salah satunya music dan cabang olahraga. Selain daripada tinju, arek malang menunjukan kepiawainnya dalam olah raga lain, yaitu sepakbola. Sehingga munculnya tim sepak bola Arema merupakan sebuah gambaran dari Arema


                 Awal mula berdirinya PS Arema


Persatuan Sepakbola Nasional Arema  (Arema FC) berdiri pada tanggal 11 Agustus 1987, dengan tujuan untuk meningkatkan cabang olahraga sepakbola di Malang. Saat itu, tim yang berasal masih dimalang, Persema Malang seperti sebuah magnet bagi warga Malang. Stadion Gajayana, home base saat itu, selalu ramai oleh penonton yang ingin menyaksikan pertandinggan Arema. Dan saat itu Arema masih belum sepopuler saat ini

Acub Zaenal adalah otak atau pencetus pembentukan klub Galatama. Jasa yang dipanggil Jenderal itu tidak terlepas dari peran seorang Ovan Tobing, humas Persema kala itu. Melihat penonton yang begitu antusias, Acub yang ketika itu masih menjadi Administratur Galatama kemudian memberikan ide untuk mendirikan klub galatama.

Beberapa waktu setelah itu, Acub Zaenal menghampiri Ovan ke rumahnya, di Jl. Gajahmada 15. Beliau diantarkan oleh  Dice Dirgantara yang sudah mengenalnya lebih dulu. Dari perbincangan itu, Ovan dengan tegas mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki cukup budget untuk mendirikan klub galatama. Sehingga, dipertemukanlah Lucky dengan Derek Sutrisno (Alm), pendiri klub Armada 1986

Patut diakui, Munculnya Arema tidak terlepas dari seorang Derek dengan Armada 86-nya. Nama Arema pada mulanya merupakan Aremada gabungan antara Armada dan juga Arema. Tetapi nama itu tidak bertahan lama. Beberapa bulan, akhirnya diubah menjadi Arema`86. Naasnya, usaha Derek untuk menjaga klub Galatama Arema`86 banyak mengalami hambatan, bahkan tim yang sudah dijagokan untuk melebarkan sayap di kancah Galatama VIII itu mulai goyah akibat kesulitan dana.

Saat itulah, Acub Zaenal dan Lucky kemudian mengambil kendali dan berupaya mempertahankan Arema`86 agar tetap berdiri. Setelah dikendalikan oleh “dua penyelamat”, nama Arema`86 akhirnya diganti menjadi Arema dan ditetapkan lahirnya  Arema Galatama pada 11 Agustus 1987 .


            Perjalanan Arema Saat di  Galatama


Pada awal keikut sertaan di Kompetisi Galatama, Ovan Tobing dan juga Lucky Acub Zaenal mulai kerja keras menata semua keperluan pemain, mess pemain,  lapangan sampai kostum mulai drencanakan matang-matang.Bahkan,secara besar-besaran mencari pemain dilakukan oleh ovan senelum klub berdiri.Pemain-pemain seperti Maryanto(Persema), Jonathan (Satria Malang), Kusnadi Kamaluddin (Armada), Mahdi Harris(Arseto)  Jamrawi dan Mitra, hingga kipper Doni Latuperisa yang saat itu sedang menjalani skorsing PSSI diakibatkan skandal suap, direkrut. 

Sayangnya, tetap ada masalah yaitu soal mess pemain. Bagai durian runtuh, Lanud Bandar Udara Abdul Rachman Saleh  ikut membantu dan menyiapkan barak prajurit Pas Khas sebagai tempat penampungan pemain.Selain itu, barak tersebut juga dijadikan sebagai tempat berlatih. Dan otomatis ssemau pemain dikumpulkan dibarak.

Tidak banyak prestasi yang diraih Arema dan bisa dibilang pasang surut, meskipun tak pernah menduduki  papan klasemen, setiap musimnya kompetisi Galatama Arema F.C. tak pernah naik dan tertancap di papan klasemen, tetapi pada tahun 1992 Arema mampu menjuarai Galatama. Terdiri dari pemain-pemain jagoan seperti Aji Santoso, Mecky Tata, Singgih Pitono, Jamrawi dan mantan pelatih PSSI M. BASRI, Arema berhasil meraih mimpi Arek Malang menjuarai kompetisi elit di Indonesia.


               Perjalanan Arema Saat di Ligina


Semenjak pertandingan Liga Indonesia, Arema F.C. tertulis sudah 7 kali masuk pada putaran kedua. Satu kali ke babak 12 besar (Tahun 1996/97) dan enam kali masuk 8 besar( Tahun 1999/00, 2001, 2002, 2005, 2006,& 2007). Meskipun memiliki prestasi banyak, Namun masalah selalu datang menghantui. Sehingga tak heran jika setiap musim pola manajemen klub silih berganti. Puncak terbelitnya masalah ekonomi, pada tahun 2003 dimana Arema mengalami kesulitan keuangan parah yang berpengaruh pada prestasi tim. HIngg akhirnya Arema FC dipindahkan kepemilikannya oleh Perusahaan Bentoel. Tbk pada pertengahan musim kompetisi 2003 walaupun  berujung Arema terdegradasi ke Divisi I. Semenjak kepemilikan Arema dipegang oleh PT Bentoel Internasional Tbk, prestasi yang diraih Arema semakin memuncak; 2004 juara Divisi I, 2005, dan 2006 juara Copa Indonesia 2007 juara Piala Soeratin LRN U-18, Runner Up Piala Jatim Esia [1/6/2008] Pada Final Melawan Persik Kediri dengan skor 2-1 di stadion Gelora Delta Sidoarjo. Dan pada tahun 2006 dan 2007 Arema dan juga Benny Dollo memperoleh penghargaan dari Tabloid Bola dengan prestasi sebagai tim terbaik dan juga Pelatih terbaik. Pelan-pelan namun pasti, kegagalan demi kegagalan yang dialami oleh selama ini berbuah manis, Pada tahun 2008 Arema berlaga di Super LIga Indonesia bersama 17 kontestan lainnya. Pada kompetisi saat itu Arema terdiri dari  pemain-pemain muda dan handal dan menjadi salah satu kandidat yang difavoritkan menjuarai ISL 2008 untuk pertama kalinya.

silahkan baca juga artikel tentang Sejarah Jack Mania Dan Penggagasnya

0 Response to " SEJARAH HADIRNYA AREMA (FC)"

Posting Komentar