Cara Membuat Sambal Teri yang lezat

Sambal teri adalah makanan yang tidak asing lagi bagi kita masyarakat indonesia. Rasa dominan asin yang terdapat pada teri membuat kita ketagihan untuk selalu menikmati. Ditambah lagi dengan rasa pedas dari cabe yang bisa menggugah selera makan Anda. Nikamatnya sambal dengan bahan dasar cabe dan teri ini bisa Anda jumpai di berbagai warung tradisional maupun restoran besr. Akan tetapi untuk menikmati panganan gurih ini Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan menambahkan nasi putih hangat Anda akan lebih merasakan sensasi enaknya makanan ini.

Cara Membuat Sambal Teri yang lezat

Namun jika makan sambal teri dengan menggunakan nasi adalah hal yang sudah sangat biasa. Kita akan mencoba membuat kreasi baru dalam menikmati sambal dengan bahan ikan laut ini sebagai isian roti goreng. 

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

Teri
Cabe
Bawang putih dan merah
Tepung terigu
Telur
Mentega
Gula
Fernipan

Untuk membuat bola-bola sambel teri yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Campurkan tepung terigu, gula, mentega, fernipan kedalam wadah lalu uleni dengan tangan hingga hingga merata. Diamkan dan tutup adonan tersebut dengan kain basah agar cepat mengembang
Goreng teri hingga kering lalu tiriskan
Goreng cabe, bawang merah dan putih lalu haluskan hingga benar-benar lembut
Teri yang sudah kering dan tidak berminyak tadi dihancurkan hingga halus lalu campurkan dengan bahan yang disudah dihaluskan tadi. Bisa menggunakan cobek ataupun dengan blender. Namun rasanya akan lebih enak apabila diulek.

Ambil adonan roti yang sudah mengembang
Potong adonan ukuran kepalan tangan lalu buat cekungan dengan jempol
Letakkan campuran sambal dan teri ke adonan pada cekungan yang sudah Anda buat
Tutup lalu bentuk bulat agar berbentuk seperti bola
Buat bola-bola yang sama pada adonan hingga habis.
Goreng bola-bola tersebut

Setelah digoreng jangan lupa meniriskannya agar minyak tidak melekat pada makanan ringan yang telah Anda buat tersebut. bola-bola yang berisi sambal teri tadi akan sangat nikmati pada saat masih panas atau hangat. Bisa dijadikan teman minum teh apalagi pada saat musim hujan seperti ini pasti akan tambah enak rasanya.

Sambal teri bukan hanya bisa disandingkan dengan nasi hangat namun juga bisa dikreasi untuk membuat kue atau makanan kecil untuk keluarga Anda. Bola-bola roti goreng yang Anda buat dengan isian sambal dan teri bisa Anda ganti dengan isi yang bermacam-macam, seperti selai, daging, ayam, roguet dan masih banyak lainnya. Nantikan resep unik lainnya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar Anda. Selamat mencoba 

0 Response to "Cara Membuat Sambal Teri yang lezat"

Posting Komentar