Berkunjung ke Kota Solo, Pasar Klewer

Tahukah Anda pasar apa yang merupakan pasar tekstil terbesar di Kota Solo? Kira-kira, pasar apa sih? Penasaran? Yuk, lanjut baca sampai selesai!Pasar yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta ini, merupakan pusat perbelanjaan kain batik yang menjadi rujukan para pedagang dari berbagai kota, misalnya kota Yogyakarta, kota Surabaya, kota Semarang, dan kota lain di Pulau Jawa. Nama pasar ini adalah Pasar Klewer. Pasar Klewer tidak hanya sebagai pusat perekonomian loh, tetapi juga sebagai tujuan wisata dan simbol dari Kota Surakarta itu sendiri.

Berkunjung ke Kota Solo, Pasar Klewer


Pasar ini di beri nama Pasar Klewer karena pada zaman dahulu para pedagang batik yang menjual dagangannya, menjualnya dengan cara membawanya di atas bahu yang menyebabkan barang dagangannya berjatuhan, yang dalam istilah jawa disebut dengan  “kleweran”. Dari sebutan atau istilah “kleweran” inilah, pasar ini akhirnya di beri nama Pasar Klewer.

Pada awal mulanya, pedagang di Pasar Klewer adalah para pedagang yang berjualan di daerah Banjarsari dan Supit Urang. Pasar Klewer mulai berkembang pada tahun 1942 sampai tahun 1945. Karena pada tahun 1968 Pasar Klewer semakin berkembang, maka pada 9 Juni 1970 mulai di bangun pasar bertingkat permanen untuk menampung para pedagang yang diremiskan oleh Presiden Soeharto.

Di dalam Pasar Klewer, terdapat berbagai macam jenis kain dan pakaian. Selain itu, di Pasar Klewer juga terdapat kaos, jaket, dasi, kain bahan katun, batik dan aksesoris.  Dari berbagai macam yang ada di Pasar Klewer, barang yang paling menonjol adalah batik. Dari mulai batik tulis hingga batik keraton. Mulai batik dari kota Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas, Madura , Betawi dan kota-kota lainnya. Selain itu, aksesoris, baju, seprai dan sarung bantal juga ada yang bermotif batik loh! Sangat menarik bukan? Tidak hanya itu saja, pasar ini juga menyediakan berbagai kerajian khas masyarakat Solo yang berkualitas ekspor loh! Seperti cermin kayu ukir, kaca ukir, dan berbagai cinderamata berbahan dasar kaca.

Pasar Klewer Solo juga sangat berperan penting sebagai pusat bisnis di Kota Solo karena perputaran uang yang sangat tinggi setiap hari. Karena harga yang cukup terjangkau, stok yang melimpah dan pilihan dagangan yang banyak maka tidak heran jika setiap hari pasar ini sangat sesak di kunjungi oleh para pembeli.

Setelah membacanya, penasaran bukan dengan kenampakan Pasar Klewer? Jika kamu bukan orang Solo dan pergi berlibur ke kota Solo, sempatkan diri kamu untuk mengunjungi Pasar Klewer ya! Jangan lupa beli kain atau baju batik yang ada di sana, karena batik adalah budaya kita. Selalu lestarikan budaya yang ada di Indonesia ya sobat..

0 Response to "Berkunjung ke Kota Solo, Pasar Klewer"

Posting Komentar