5 penyebab Sakit Pinggang dan cara mengatasinya

Sakit pinggang bukanlah penyakit baru, beberapa orang mungkin sering menderita sakit pinggang dalam aktivitas sehari-hari, sakit pinggang yang tidak segera diobati dapat mengganggu kegiatan sehari- hari anda., sakit pinggang biasanya terjadi karena pekerjaan banyak  dilakukan  dalam keadaan duduk,  pekerjaan yang dilakukan dalam keadaan duduk apabila tidak diselingi gerakan yang lain misalkan jalan-jalan ke tempat satu kelainnya maka akan menimbulkan sakit pada pinggang anda .



Ada beberapa penyebab orang mengalami sakit pinggang : 

1. Sakit pinggang bisa disebabkan karena posisi tubuh saat membungkuk atau mengambil barang salah, sebaiknya ketika anda akan mengambil barang dibawah terlebih dahulu anda jongkok jangan langsung membungkuk kemudian mengambil barang, posisi tersebut kurang tepat karena menyebabkan salah posisi pada bagian pinggang, mengambil barang saat anda jongkok tidak membuat bagian pinggang “kaget” dalam mengambil barang dibawah. 

2.  Tidur dengan alas lentur sehingga tulang bagian belakang mengikuti alas tidur yang anda gunakan. 

3. Kurang melakukan olahraga sehingga sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, kelunturan yang menurun dapat menyebabkan sendi-sendi dan jaringan mdah cedera ketika melakukan gerakan sederhana, sperti mengangkat, mendorong, membungkuk. 

4. Pemakaian sepatu yang kurang nyaman juga dapat mempengaruhi sakitnya pinggang, misalnya menggunakan sepatu hak tinggi. 

5. Sakit pinggang juga merupakan tanda-tanda sakit kronis seperti sakit pada ginjal, jantung, tulang. Sakit pinjam dipicu karena kelainan pada air kemih. Kelainan air kemih ini penyebabnya karena saluran ginjal akibat luka yang disebabkan batu ginjal.


Cara mengatasi sakit pinggang karena aktiviatas sehari-haridapat dimulai dengan melakukan olahraga dengan rutin sehinggan sendi-sendi dan jaringan yang kaku sebelumnya yang kaku dapat kembali lemas seperti sediakala.

Apabila dirasa badan anda terlalu berat menurunkan berat badan dalam mengatasi sakit pinggang tentu sangat bermanfaat pasalnya ketika berat badan anda meningkat daerah punggung yang menopang berat badan anda semakin bekerja dengan keras

Untuk anda yang sakit pinggang akibat cedera setelah melakukan kegiatan anda dapat mengatasi sakit pinggang dengan mengompres pinggang anda dengan es batu selama kurang lebih 20 menit. 

Mengatasi sakit pinggang dengan pijat juga dapat anda coba untuk menyembuhkan sakit pinggang anda, teknik pijat ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, melemaskan otot-otot yang tadinya kaku, juga dapat meningkatkan endorfin atau  zat penghilang rasa sakit dalam tubuh secara alami. 

Yang terakhir sebagai salah satu cara mengatasi sakit pinggang karena aktivitas sehari-hari dengan mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat  merupakan  salah satu refreshing  yang dapat anda lakukan setelah rutinitas bekerja seharian.

Apabila sakit pinggang anda tidakberkurang  rasa sakitnya atau semakin parah,  ada baiknya anda segera konsultasi dengan dokter, agar dapat segera dilakukan penanganan secara tepat dan terhindar dari sakit pinggang yang kronis.
 

0 Response to "5 penyebab Sakit Pinggang dan cara mengatasinya"

Posting Komentar