5 cara untuk mencerdaskan anak di usia dini

Bunda saat anak mulai beranjak kemasa dimana ia mengenal dunia pendidikan, pastilah kita sebagai orang tua ingin memberikan stimulasi pendidikan yang terbaik untuk  buah hati kita. Untuk itu, lakukan  beberapa cara dibawah ini untuk melatih kecerdasan anak anda

Lakukan cara ini untuk mencerdaskan anak di usia dini


1. Permainan edukatif

Mainan edukatif terbukti mampu melatih kecerdasan anak. Bermain permainan eduktif mampu melatih kinerja otak untuk berfikir, berimajinasi dan belajar untuk memecahkan sebuah masalah. Ayah atau bunda harus dilibatkan dalam hal ini, gunanya untuk membantu anak dalam memecahkan permainan yang sukar serta dapat mempererat hubungan anak dengan orang tua. Jenis permainan seperti puzzle dapat anda jadikan sebagai sarana permainan edukatif untuk si buah hati. Selain itu bermain permainan edukatif juga bisa anda dapatkan pada aktifitas out bound. Jenis aktifitas menyenagkan yang satu ini mampu menambah rasa percaya diri pada buah hati anda.

2. Mendongeng

Cara melatih kecerdasan anak yang kedua adalah mendongeng. Kenapa harus mendongeng? Karena ternyata banyak manfaat yang positif bila kita mendongengkan sebuah cerita untuk buah hati kita. Manfaat mendongeng antara lain sebagai berikut :

  • Melatih imajinasi anak
  • Melatih psikologi anak
  •  Melatih daya ingat anak
  •  Melatih emosi, simpati dan kepedulian terhadap sesuatu masalah

3. Membaca

Anjuran untuk melatih anak untuk gemar membaca merupakan salah satu upaya untuk melatih kecerdasan anak anda. Membaca berarti menambah wawasan dan mengumpulkan berbagi informasi yang bermanfaat untuk anak kita. Beri ia jenis buku bacaan yang menarik untuk melatih minatnya dalam membaca. Beri jadwal membaca buku yang ia sukai setiap harinya. Mengajaknya untuk berburu buku bacaan ke perpustakaan dapat menjadi terobosan yang tepat, selain itu cobalah untuk memberinya reward pada usahanya membaca bebrapa buku dalam beberapa hari.

4. Membangun kepercayaan diri anak

Cara keempat untuk melatih kecerdasan anak adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri dalam dirinya. Anak yang cenderung pendiam cenderung memiliki rasa percaya diri yang kurang. Ia tergolong tidak mudah bergaul dan penakut. Ajarkan anak anda berintaksi dengan lingkunan, buat ia merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Perkenalkan ia dengan hal-hal baru yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Ajarkan sikap percya diri dan latih ia untuk dapat memecahkan masalah sesuai dengan kemampuannya

5. Mengatur pola hidup sehat dan makanan bergizi

Pola makan juga penting untuk melatih kecerdasan anak. Asupan nutrisi dan gizi yang baik membantu tumbuh kembang anak dengan sempurna. Memperhatikan jadwal tidurnya juga hal yang tak kalah penting yang harus anda lakukan. Tidur yang cukup mampu membantu untuk melatih kecerdasan anak sejak dini. Atur jadwal tidurnya agar stimulasi kecerdasan anak anda dapat berjalan dengan baik.

Selain cara diatas, menerapkan norma agama yang benar sangat disarankan, hal ini berdampak pada kepribadian dan sikap anak kita. Lingkungan juga berpengaruh dalam melatih kecerdasan sang buah hati. Lingkungan yang buruk dan pergaulan yang salah tentunya akan berdampak  negatif untuk tumbuh kembang nya dikemudian hari. Untuk itu, perhatikan dengan benar tentang keadaan lingkungan disekitar anda, pergaulan yang seperti apa yang bisa menjadi panutan untuk buah hati anda. Kontrol semua aktifitasnya  baik dirumah maupun disekolah. Dengan ini berarti anda telah siap untuk merekrut buah hati anda menjadi anak yang cerdas lagi berakhlak mulia.

0 Response to "5 cara untuk mencerdaskan anak di usia dini"

Posting Komentar