4 Tips Untuk Mata yang Aktif Menatap Gadget

Anda seorang programmer?

Atau anda seorang akuntan?

Apa seorang mahasiswa ?

Baik,,, 3 profesi di atas adalah salah satu sampling dari beragam profesi yang kontinyu untuk menatap layar laptop berlama-lama. Bukan karena iseng atau sekedar coba-coba, namun beragam aktifitas berpuluh profsi sangat mendesak sebagian dari kita untuk berlama-lama di depan monitor gadget. Bahkan tak sedikit orang yang sangat hobi bermain game di pc/laptop atau smartphone pun seolah tak kenal lelah untuk menatap monitor gadget. Seorang gamer bahkan rela meninggalkan kekasih yang dikasihinya sekedar untuk menyalurkan hobinya tersebut.

4 Tips Untuk Mata yang Aktif Menatap Gadget

Seorang pelajar atau mahasiswa akan tak kenal lelah dan menjadi sakti H-1 sebelum hari responsi tugas gara-gara semalaman begadang menatap layar desktop mereka. Tak tahukah mereka bahwa layar gadget memancarkan radiasi yang amat sangat tidak baik bagi mata kita ???

Kebanyakan dari mereka tahu benar jika layar gadget mengeluarkan radiasi yang sangat tidak sehat bahkan dapat merusak mata mereka. Namun ironisnya tak sedikit dari mereka menghiraukan hal tersebut diakibatkan oleh deadline yang sangat menanti di depan mata mereka. Mereka tak mungkin meninggalkan layar gadget mereka barang sedetik saja karena tuntutan karir masing-masing. Padahal secara tidak langsung mereka juga mempertaruhkan salah satu indra kebanggan mereka. Dilema sekali bukan ?

Berikut adalah tips-tips untuk meminimalisir mata lelah yang dirasakan oleh mata kita, akibat lama-lama menatap monitor gadget :

1.Rajin mengkonsumsi vitamin A

Sejak di bangku sekolah dasar kita sudah tahu bahwa mengkonsumsi vitamin A dapat meningkatkan performa dan kinerja mata kita. Jika anda seorang aktivis di depan monitor gadget anda, maka mulai dari sekarang bergegaslah untuk mulai rajin mengkonsumsi vitamin A. Dengan mengkonsumsi vitamin A, maka kita menjaga support kerja mata kita dari dalam. Dengan begitu diharapkan mampu bertahan dan beradaptasi dalam menerima pancaran radiasi dari monitor gadget anda.

2.Rajin minum air putih 2 liter per hari

85% tubuh kita mengandung ion-ion air menurut hasil penelitian para ilmuan di era ini. Akan sangat menyebalkan meminum air 2 liter perhari jika anda bukan tipe orang yang suka minum. Namun apakah anda rela mengkorbankan stamina dan daya tahan mata anda ketimbang dengan hanya melakukan aksi minum air putih 2 liter sehari?

3.Refresh mata sejenak

Saat anda benar-benar urgent untuk terus menerus manatap layar gadget anda, maka langkah yang tepat,akurat dan ekonomis yang harus anda lakukan adalah melakukan refreshing sejenak. Caranya adalah mulailah beralih dari monitor anda saat anda sudah menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam di depan monitor anda, arahkan pandahkan anda menuju titik pandang yang amat sangat luas. Amati keadaan sekeliling anda, pandanglah sejauh mungkin,sedalam mungkin. Hal ini dapat merefresh saraf-saraf penglihatan di mata anda.

4.Senam mata

Hal ini sering dilakukan oleh orang yang rajin olahraga. Cukup simple, cukup rutin gerakkan mata anda ke kanan dan kiri, ke atas dank e bawah. Kemudian lirikkan mata anda ke atas dan ke bawah selanjutnya ke kiri dan ke kanan. Dengan begitu, otot mata anda akan terlatih dan lebih kuat.

Tips-tips di atas bisa ditempuh agar mata kita terhindar dari mata lelah atau yang biasa disebut dengan astenofia. Terlalu lama menatap gadget membuat mata sering terkena radiasi yang dipancarkannya. Hal ini dapat memicu timbulnya gejala sthenofia atau mata lelah. Tips-tips di atas dapat dicoba supaya mata tetap selalu fit .Selamat mencoba!

0 Response to "4 Tips Untuk Mata yang Aktif Menatap Gadget"

Posting Komentar