Perkembangan Dunia Teknologi Informasi Di Era Modern

Sudah jamanya teknologi dan informasi berkembang dengan pesatnya, bagaikan ledakan bom yang secara tiba tiba menghancurkan sebuah kota. Informasi sangat mudah diakses jaman sekarang, melalui media massa, media elektronik, gadjet. Bahkan informasi antar manusia.


Arti kata teknologi, berasal dari kata techne yang berarti cara, dan logos yang berarti pengetahuan. Teknologi memiliki arti pengetahuan tentang cara. Pengetahuan tentang apapun dengan cara atau alat yang ada.

Perkembangan informasi sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup masyarakat. Tanpa informasi kita hidup bagaikan dalam hutan. Tidak mengtaui apa yang terjadi di luar hutan. Dengan adanya inovasi - inovasi baru tentang alat komunikasi maka mempermudah kita dalam mendapatkan informasi yang luas.

Namun kemajuan teknologi ini pasti ada dampak positif dan negatifnya, semua dampak positif dapat diterima masyarakat dengan mudah namun kita perlu meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Salah satunya harus dibuat peraturan peraturan internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi. 

Semua hal yang dulunya di kerjakan manusia membutuhkan tenaga berat kini sudah tergantikan dengan mesin - mesin serba canggih yang dioperasikan manusia, pekerjaan berat sekarang mampu di kerjakan oleh robot - robot ciptaan manusia. Masusia sudah sangat terbantu dan merasa sangat dipermudah dengan adanya perkembangan teknologi.


Era yang sangat modern ini hampir semua yang dulu di kerjakan oleh manusia sekarang dikerjakan oleh teknologi tanpa terkecuali otak manusia yang harusnya berfikir untuk mengerjakan sesuatu sekarang dipermudah dengan adanya komputer dan inovasinya.


Tidak dapat dipungkiri dengan adanya kemajuan iptek tidak hanya mendatangkan kebahagiaan namun juga mendatangkan malapetaka bagi penggunanya, maka dari itu kita harus benar - benar bisa menyaring mana fungsi dari iptek yang mendatangkan kebahagiaan, jangan sampai malapetaka justru merusak hidup dan masa depan kita.

Apasaja dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi,

Dampak positif:

Dengan adanya teknologi kita akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses informasi dari belahan bumi manapun, kita juga dapat berkomunikasi dengan keluarga yang jauh tempatnya, kita bisa melakukan bisnis online dan mendapatkan layanan bank secara online.

Dalam perekonomian dampak positif juga dirasakan oleh beberapa lapisan masyarakat salah satunya mempercepat pertumbuhan ekonomi dan produktifitas dunia industri semakin meningkat.

Dampak positif juga merambah kedunia pendidikan. Dengan adanya iptek yang semakin canggih maka ada metode - metode pembelajaran baru yang mampu diterapkan oleh pengajar kepada murid sehingga lebih mempercepat lagi pertumbuhannya.

Dampak negatif:

Dampak negatif ini sangat meresahkan masyarakat, karena penyalahgunaan komunikasi justru banyak teroris yang memanfaatkannya untuk tindak kejahatan, kerusuhan dan penjajahan.

Hal lain tentang penyalagunanaan teknologi adalah media sosial, medsos yang seharusnya digunakan untuk menimba informasi justru digunakan untuk ajang merusak moral bangsa, banyaknya situs - situs porno yang sangat mudah diakses oleh para pelajar yang memicu adanya sex bebas, pemerkosaan dan pencabulan anak dibawah umur.

Mari kita bantu pemerintah dengan menggunakan dan memanfaatkan perkembangan iptek sesuai fungsinya, akan sangat banyak manfaat iptek apabila kita menggunakan dengan positif untuk memajukan bengsa indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai Perkembangan Dunia Teknologi Informasi Di Era Modern. Semoga bermanfaat,,

0 Response to "Perkembangan Dunia Teknologi Informasi Di Era Modern"

Posting Komentar