5 Tips Berbicara Dengan Atasan

Perlu diketahui untuk berbicara dengan atasan tidak sama dengan berbicara dengan teman sendiri, saudara maupun orang tua. Orang rumah atau orang terdekat mungkin saja masih bisa diajak berbincang santai dan lugas, tetapi berbincang dengan atasan dikantor lebih bersikap professional dan sopan. 


Oleh sebab itu perlu dimengerti 5 cara berbicara yang benar dengan atasan seperti berikut ini.

1.Berbicara Secara Formal

Gunakan bahasa yang formal apabila berbicara dengan atasan dan akan terkesan sopan, walaupun itu diluar jam kerja juga. Atasan akan melihat anda berbicara sopan dengannya sama saja dengan menghargainya sebagai atasan. Menggunakan bahasa formal juga akan menjaga hubungan baik di lingkungan kerja. Dan anda akan memberikan kesan yang baik dimata atasan anda.

2.Berbicara dengan jelas, singkat, namun tetap formal

Dalam dunia pekerjaan, berbicara dengan kalimat yang jelas, lugas akan mudah dimengerti. Karena teman berbicara akan mengerti maksud yang dibicarakan. Kalimat yang jelas tidak harus dengan nada tinggi. Nada yang besar dan tinggi hanya akan membuat atasan tersentak mendengarnya dan terkesan marah, ada baiknya jika anda menggunakan nada kalimat yang rendah namun tetap terdengar jelas.

3.Fokus dengan pembicaraan

Atasan juga akan merasa dihormati apabila anda fokus dengan pembicaraan yang di  sampaikan olehnya. Anda akan terlihat lebih professional dan paham dengan yang dibicarakan.

4.Tidak bersifat menggurui

Sadar akan posisi seorang bawahan, anda juga harus paham dengan perasaan atasan anda. Apabila anda memiliki saran atau tidak suka akan kinerja yang dilakukan atasan, katakana dengan sopan dan tidak bersifat menggurui. Dengan anda bersifat menggurui, anda akan terlihat tidak professional dan tidak menghormatinya.

5.Jangan memberikan mimic muka yang sebal atau marah

Tips terakhir yaitu mengatur mimik wajah. Jika ada pendapat yang tidak atau kurang disetujui, jangan berbicara dengan mimik kesal atau marah sebab hanya akan memberi kesan negative dan anda terlihat tidak menyukai atasan anda.Dari anda berbicara dengan atasan akan memberikan kesan atau penilaian bagi seorang atasan kepada bawahannya. Mimik wajah, kalimat yang sopan dan bahasa tubuh anda akan menjadi nilai bagi atasan anda. Dengan sikap yang lebih profesional akan menyokong kemajuan karir dan menjaga hubungan yang baik dengan atasan dalam pekerjaan. 

Tips 5 berbicara yang baik dengan atasan yang telah diberikan semoga bisa membantu anda menjaga hubungan baik dengan atasan anda.

0 Response to "5 Tips Berbicara Dengan Atasan"

Posting Komentar