5 Hal yang Pantang dilakukan Saat Marah Pada Anak

Semarah apapun anda pada anak anda, ada baiknya untuk tidak  marah yang berlebihan pada anak dengan cara yang tidak baik bagi psikologis anak.


Karena, anak yang suka membantah,tidak menurut dan melakukan hal-hal yang tidak baik biasanya ada sebabnya. Terkadang orang tua tidak melihat betapa polosnya pikiran anak-anak akan suatu hal, sehingga langsung mengomeli anak . Jika anda memarahi anak dengan cara ini, tidak heran kalau kebandelannya semakin menjadi.

1.Langsung Marah

Ini sudah menjadi hal yang wajar. Jika anak melakukan kesalahan langsung memarahi tanpa menegurnya secara baik-baik terlebih dulu. Sedikit saja kesalahan anak, langsung marah. Ada baiknya anda jangan langsung marah, jika anda memiliki kesulitan atau sedang emosi baik itu dalam pekerjaan, hubungan rumah tangga, ekonomi, ketika berhadapan dengan anak janganlah menjadikan anak sebagai pelampiasan. Tahanlah emosi anda, dengan anda marah-marah, hidup anda jadi tak tenang.

2.Mengomel Terus

Sedikit saja kesalahan anak dkasih dengan omelan yang terus mengalir tiada henti. Anda mulai memarahinya sepanjang waktu. Apakah dengan begitu dapat mengubah anak? Jawabannya tidak, anak tidak mau mendengar apa yang anda katakana, jikapun dia mengangguk esoknya ia juga melakukan hal yang sama. Ia akan mendengarkan anda, namun ia tidak menyimpan omongan anda. Dan anak cenderung akan memmbela diri apabila anda mengomel terlalu panjang. Omelan, tidak akan mengubah anak, tetapi berikan pemahaman pada anak apa yang tidak boleh ia lakukan dan boleh ia lakukan dan apa akaibat dari semua itu.

3.Merusak Barang

Kalau anda tergolong orang yang senang meruska barang ketika sedang marah maka segeralah berubah. Sebab, dengan sikap marah seperti itu hanya akan menimbulkan ha l tidak baik bagi anak. Ia berprasangka, bahwa dengan merusak barang, merupakan hal yang umum ketika suasana hati sedang buruk. Dan anak bisa menirunya suatu hari nanti.

4.Mendiamkan berhari-hari

Marah dengan tidak mengucapkan sepatah katapun pada anak merupakan cara menghukum anak yang tidak baik. Anak memang akan merasa bahwa ada yang salah padanya sehingga anda diam. Tetapi yang harus anda ingat, dengan and marahmarah saja dia tak mau dengar apalagi jika anda mendiamkannyaDengan anda mendiamkan anak, tak akan membuat efek jera pada anak, justru sebaliknya. Anak berpikir lebih baik begitu

5.Melakukan kekerasan Fisik Dan Verbal

Marah yang dilakukan dengan kekerasan fisik seperti memukul, menampar, dan mencubit hanya akan mengakibatkan efek trauma pada anak. Ia jadi takut untuk berbuat seseuatu dan tidak dapat bebas melakukan sedikit saja hal yang dy suka karena takut akan pukulan. Kekerasan  verbal juga tidak diperbolehkan. Perkataan yang merendahkan anak dan kata kata kotor yang tidak pantas diucapkan hanya akan membuat ia merasa rendah dan tidak percaya diri.

Demikianlah 5 yang pantang dilakukan saat marah pada anak. Jika anak tidak mendengarkan perkataan anda. Tegurlah secara halus dan katakan bahwa anda tidak menyukai kesalahannya tersebut.

0 Response to "5 Hal yang Pantang dilakukan Saat Marah Pada Anak"

Posting Komentar