Manfaat menarik dari Minyak kemiri

Minyak kemiri adalah salah satu resep tradisional yang digunakan sebagai perawatan tubuh. Selain itu juga untuk perawatan rambut. Khasiat yang dimiliki oleh minyak yang berasal dari biji kemiri ini sudah teruji dan terbukti kebenarannya. manfaat minyak kemiri bermanfaat bagi rambut dan bisa dibuat sendiri di rumah, namun banyak juga produk yang menjual minyak ini dalam kemasan dan merek dagang tertentu.

Manfaat menarik dari Minyak kemiri

Besarnya manfaat minyak kemiri membuatnya sangat dicari dan diminati oleh berbagai kalangan. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu membeli biji kemiri di pasar lalu menyediakan alat seperti wajan, kompor, dan blender. Caranya cukup mudah sebagai berikut:

Blender biji kemiri
Masukkan hasil blenderan ke dalam baskom lalu tambahkan air
Peras kemiri yang sudah lembut seperti anda memeras santan kelapa
Setelah itu diamkan agar minyak dan air terpisah

Meskipun membuat minyak kemiri ini mudah, namun banyak hal yang membuat orang menjadi malas membuatnya sendiri dan lebih memilih untuk membeli yang sudah jadi. Karena proses untuk memisahkan minyak dan air pada saat kemiri sudah menjadi santan memerlukan waktu yang sangat lama lebih dari 24 jam. Sedangkan proses pengendapan santan juga bisa menimbulkan kerusakan pada minyak apabila tidak diproses dengan benar. 

Meskipun begitu, waktu yang begitu lama dibutuhkan untuk mendapatkan minyak dari santan kemiri tidak sebanding dengan hasilnya yang sangat sedikit. Dan tidak semua orang juga cocok menggunakan minyak dari biji kemiri ini. Biasanya mereka cenderung merasa gatal apabila tidak cocok. Sebelum menggunakan minyak ini pastikan bahwa tubuh anda menunjukkan reaksi penolakan.

Manfaat minyak kemiri tidak hanya berhenti untuk kesehatan rambut, namun juga bisa sebagai penyembuh banyak penyakit lainnya seperti diare, disentri dan obat sakit gigi. Hanya dengan meneteskan beberapa tetes pada gigi yang terasa sakit beberapa menit kemudian, nyeri pada gigi akan hilang. Namun apabila untuk sakit diare campurkan kemiri yang sudah berupa minyak beberapa cc ke dalam air lalu minum.

Kandungan yang terdapat pada biji yang memiliki nama latin Aleurites moluccana ini sangat beragam. Mulai dari protein, lemat, vitamin B1, vitamin E dan masih banyak lagi membuatnya sangat bermanfaat dan berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan perawatan tubuh. Manfaat minyak kemiri merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit. Berbagai macam bahan makanan yang tumbuh secara alami di sekitar kita memang secara sadar amaupun tidak mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan dan kebutuhan kesehatan tubuh kita. 

Tuhan sudah menciptakan alam dengan segala manfaatnya, sekarang giliran kita untuk menjaga dan memelihara agar semakin baik dan tumbuh subur untuk anak cucu kita nanti.

0 Response to "Manfaat menarik dari Minyak kemiri"

Posting Komentar