5 Cara Aman Bertransaksi di ATM



Apa cara aman untuk bisa bertransaksi di ATM dengan aman? Untuk mencegah supaya Anda tidak menjadi korban kejahatan teknologi di ATM, Anda perlu melakukan cara efisien berikut ini.

1.Periksa lubang untuk memasukkan kartu ATM

Skimmer atau alat membaca data ditempelkan di depan lubang untuk memasukkan kartu ATM. Salinan temple ini dapat mengecoh pengguna jika tidak waspada. Oleh sebab itu, sebelum ingin memasukkan kartu, cek  terlebih dahulu apakah terdapat bekas tempelan, lem, atau hal yang mencurigakan lainnya yang terdapat pada lubang untuk memasukkan kartu. 

2.Cerdas Memilih ATM

Melakukan transaksi di ATM yang terpelosok bisa menimbulkan bahaya, sebab bisa saja Anda menjadi korban perampokan. Tempat ATM yang kurang terawasi oleh pihak bank dapat membuat para penjahat tak bertanggung jawab dengan bebas untuk menempel skimmer, kamera pengintai ataupun teknologi lainnya untuk mencuri data Anda. Sedapat mungkin carilah tempat untuk bertransaksi di ATM yang banyak orang, tidak terpelosok dan jika memungkinkan yang diawasi oleh petugas keamanan/ security.

3.Membuat Pin yang unik namun mudah diingat

Nomor PIN dengan tanggal kelahiran, tanggal pernikahan atau tanggal lahir pasangan atau apapun yang berhubungan dengan tanggal lahir merupakan angka yang sangat mudah ditebak. Oleh karena itu, buatlah PIN yang lebih sulit ditebak. 

4.Ubah Pin Secara berkala

Mungkin sebagian orang begitu malas untuk melakukan ini, sebab dengan  mengubah PIN berarti harus mengingat PIN yang baru. Namun tidak ada salahnya Anda untuk melakukan hal ini demi keamanan uang Anda di bank. Ubahlah secara berkala nomor PIN Anda, demi keamanan tabungan Anda.

5.Jangan melakukan transaksi sembarangan

Kartu ATM kadangkala dapat digunakan sebagai kartu debit untuk memudahkan berbelanja di berbagai tempat tanpa perlu repot mengeluarkan uang dari dompet dan menghitungnya. Pastikan Anda untuk menggunakan kartu debit hanya di tempat-tempat yang tertentu. Apabila petugas menggesek kartu pada mesin ATM yang ilegal, segera Anda tanya dan waspada, apalagi jika dilakukan di tempat yang jauh dari keramaian.



Dengan adanya ATM sangat besar perannya dalam kehidupan setiap orang, namunAnda juga harus tetap berhati-hati sebab banyak penjahat yang dapat memanfaatkan kesempatan untuk mencuri uang Anda.

0 Response to "5 Cara Aman Bertransaksi di ATM"

Posting Komentar